Gerhana Matahari Sebagian Muncul Akhir Pekan Ini, RI Tak Kebagian

ilustrasi Gerhana Matahari Sebagian
Sumber :
  • www.pixabay.com/sandid

VIVA – Fenomena alam Gerhana Matahari bakal kembali muncul. Gerhana Matahari Sebagian akan muncul pada Sabtu 11 Agustus 2018.

Tata Cara Sholat Gerhana Bulan, Lengkap dengan Hukum dan Niatnya

Gerhana Matahari parsial terjadi ketika Bulan, Matahari, dan Bumi tidak sejajar dalam garis lurus. Bulan menghiasi bagian luar bayangannya di sebagian kecil permukaan Matahari. Beberapa pekan lalu telah terjadi Gerhana Bulan Total, yang mana Bulan menghalangi seluruh cahaya Matahari.

Dikutip dari laman Mirror, Kamis 9 Agustus 2018, pada fenomena ini seberapa banyak bagian Bulan yang menutupi Matahari akan tergantung posisi pengamat di Bumi.

LIVE Breaking News: Gerhana Matahari Cincin 

Gerhana Matahari sebagian ini hanya akan terlihat di Antartika Utara dan Australia Selatan, termasuk Pulau Tasmania dan lautan di sekitarnya. Lokasi paling favorit untuk menyaksikan gerhana ini adalah di Kutub Utara.

Laman EarthSky melaporkan, di daerah kutub tersebut, area Matahari akan tertutup sebanyak 65 persen. 

Gerhana Matahari Cincin Api akan Lintasi Bumi, Dimana Bisa Disaksikan?

Tempat terbaik berikutnya untuk mengamati gerhana ini yakni di Yakutsk, Rusia Utara. Di kota ini, Matahari akan tertutup 57 persen oleh Bulan. Sedangkan di Greenland, Denmark, sang surya akan tertutup sebanyak 50 persen.

Untuk wilayah Inggris, Gerhana Matahari Sebagian ini kurang menarik untuk dilihat. 

Gerhana Matahari Sebagian ini akan berlangsung sekitar 3,5 jam. Dimulai saat Matahari terbit di Timur Laut Amerika Utara dan berakhir saat Matahari terbenam di sepanjang Pantai Pasifik Asia. 

Ramalan cuaca di London, Inggris pada 11 Agustus 2018 dikabarkan cerah, maka kemungkinan lokasi tersebut juga akan mengalami pemandangan bagus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya