BSSN: Teknologi Blockchain Bisa untuk Amankan Pilpres 2019

Rapat Koordinasi Teknis Pendaftaran dan Pemeriksaan Kesehatan dalam Pencalonan Pilpres 2019 di kantor KPU beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Badan Siber dan Sandi Negara menyebut teknologi Blockchain bisa membantu  mengamankan pemilihan umum legislatif dan presiden serta wakil presiden 2019 dari serangan siber.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan Badan Siber dan Sandi Negara, Asep Chaerudin menuturkan, semua jenis teknologi bisa membantu dan memperkuat sistem agar bebas dari serangan peretas atau hacker.

Blockchain merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penyimpanan data yang sama di dalam banyak server sekaligus. Dengan demikian, data tidak bisa dimodifikasi sembarangan. Keuntungan ini tidak bisa ditemukan pada server tunggal.

Pintar Investasi Kripto Lewat Wadah Edukasi

Meski begitu, Asep mengaku belum menggunakan secara langsung teknologi yang digadang-gadang tak bisa diretas tersebut. "Semua bisa. Kita berusaha mekanisme sistem yang ada untuk meminimalisir kerugian," kata Asep kepada VIVA, Kamis, 9 Agustus 2018.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum melaporkan bahwa Pemilu 2019 yang terdiri atas pemilihan legislatif dan presiden serta wakil presiden diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp10,8 triliun.

Upbit Dorong Peningkatan Tata Kelola Perusahaan pada Industri Blockchain Indonesia

Selain itu, Asep juga menyebutkan bahwa sistem keamanan siber Indonesia masih tertinggal dari Malaysia dan Singapura. Namun, dia mengingatkan bahwa negara paling aman pun bisa terkena serangan siber.

"Tidak ada negara satu pun di dunia yang aman dari serangan siber. Kita harus terus waspada dan selalu upgrade teknologi," tegas Asep.

Teknologi Blockchain dan turunannya.

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Teknologi blockchain dapat dieksplorasi oleh korporasi serta lembaga jasa keuangan dengan cara yang aman dan terjamin.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024