Siap-siap, Bebas Cicipi 5G di Gelora Bung Karno Selama Asian Games

Bus otonom Telkomsel di Telkomsel 5G Experience Center, Gelora Bung Karno
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Menyambut gelaran Asian Games 2018, Telkomsel membuka pusat pengalaman menggunakan jaringan 5G di area Gelora Bung Karno, Telkomsel 5G Experience Center. Tempat ini akan dibuka selama penyelenggaraan Asian Games mulai 18 Agustus sampai 2 September 2018. Pusat pengalaman 5G ini melengkapi berbagai hal yang dikerjakan Telkomsel bersama Telkom Grup sebagai salah satu sponsor Asian Games 2018. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Kita buat 5G experience Center supaya seperti apa teknologi 5G. Saat ini benar-benar jaringan 5G," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018. 

Ririek menyatakan, spektrum yang digunakan pada Experience Center 5G adalah 28 Mhz, yang memiliki kecepatan 16 Gbps. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Telkomsel 5G Experience Center berkapasitas 75-100 orang ini tersedia beberapa zona mencicipi jaringan 5G. Beberapa zona di antaranya innovation zone, cycling everywhere, football 2022, beat the robot, dan feature driving. Dalam fasilitas jaringan 5G di Gelora Bung Karno itu, pengunjung bisa mencoba menumpang bus otonom alias bus tanpa sopir. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Pada Telkomsel 5G Experience Center, pengunjung juga bisa melihat teknologi 5G yang diaplikasikan dalam beberapa permainan. Misalnya berusaha mengalahkan robot dalam pertandingan 'suit' di zona beat the robot atau mencoba menjadi kiper secara virtual dalam zona football 2022

Untuk rencana pengembangan teknologi 5G ini, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menyatakan, saat ini Telkomsel akan terus menguji coba. Dia juga menuturkan, jaringan 5G bisa digunakan jika ekosistem sudah terbangun. 

"Kami trial testing tetap dilakukan. Tapi sekali lagi yang namanya komersial, ekosistemnya harus siap," kata Bob. 

Telkomsel 5G Experience Center ini akan dibuka untuk umum bagi pengunjung Gelora Bung Karno secara gratis sepanjang penyelenggara Asian Games 2018. Experience Center akan mulai bisa digunakan sejak pembukaan 18 Agustus 2018. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya