Hati-hati, Pancaran Cahaya Biru di Ponsel dan Laptop Bikin Mata Buta

Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Para Ilmuwan telah menemukan penemuan yang mengejutkan. Cahaya biru dari ponsel, laptop, dan perangkat digital lainnya bisa merusak penglihatan, bahkan mempercepat kebutaan.

Debut Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Toledo, Amerika Serikat, di mana mereka menyebutkan bahwa paparan cahaya biru yang terlalu lama dapat memicu molekul beracun.

Molekul beracun inilah yang menyebabkan degenerasi makula, suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan dan mempengaruhi bagian tengah penglihatan. Cahaya biru memiliki panjang gelombang lebih pendek dan lebih banyak energi dibandingkan warna lain.

Indonesia Peringkat 6 sebagai Negara yang Dibuntuti

"Inilah yang secara bertahap bisa menyebabkan mata buta," kata Asisten Profesor dari Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo, Ajith Karunarathne, dikutip dari Mirror, Jumat, 10 Agustus 2018.

Menurutnya, bukan rahasia lagi bahwa cahaya biru dapat merusak retina mata sehingga mengakibatkan kebutaan. Eksperimen Ajith dan tim peneliti lainnya juga menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Huawei Matepad 11.5 Papermatte Edition, Tablet Ramah Mata

"Kami berharap bisa menemukan terapi untuk memperlambat degenerasi makula," jelasnya. Degenerasi makula mempengaruhi sekitar 2,4 persen populasi orang dewasa di Inggris dan AS.

Kondisi umum yang mereka alami berusia antara 50 sampai 60 tahun di mana mengalami kehilangan penglihatan yang signifikan.

Hal ini disebabkan oleh kematian fotoreseptor, yaitu sel-sel peka cahaya di retina. Bagi mereka yang ingin melindungi mata dari cahaya biru, Ajith menyarankan agar mengenakan kacamata hitam yang mampu menyaring sinar ultraviolet di luar ruangan.

"Selain itu, jangan pernah bermain ponsel atau tablet dalam keadaan gelap atau lampu mati," tegas Ajith. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya