Nuansa Taman Nasional Bunaken di Ocean Street View Google

Suasana bawah laut Taman Nasional Bunaken.
Sumber :
  • Instagram/@emenardiansyah

VIVA – Taman Nasional Bunaken pada hari ini, Selasa 14 Agustus 2018, berulang tahun ke-27. Merayakan hari jadi tersebut, Google menampilkan oret-oret Taman Nasional Bunaken dalam doodle mereka. 

Viral Mobil Google Maps Nyasar Masuk Kebun, Evakuasi Dibantu Warga

Bicara profil Taman Nasional Bunaken bukan sembarang taman nasional, sebab taman ini memiliki keanekagaraman hayati tertinggi di dunia dan merupakan rumah bagi ikan karang dan kura-kura. Beberapa keanekaragaman hayati lainnya yakni kerapu, kakap, dan napoleon warsse feed. Sekitar 70 persen dari spesies laut di dunia ada di Taman Nasional Bunaken.  

Tak heran, taman nasional ini menjadi tujuan favorit para akuanaut. Karena terletak di Segitiga Terumbu Karang, Taman Nasional Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu katang. 

Usai Jebak Pemotor Jutaan Rupiah, Bengkel Nakal di Sentul Tutup

Pemerintah Indonesia mengajukan Taman Nasional Bunaken ke situs warisan dunia UNESCO. Langkah ini merupakan upaya perlindungan tambahan, karena masih ada penangkapan ikan ilegal, serta perubahan iklim yang bisa merusak karang. 

Karena keindahan dan keunikannya, Google bekerja sama dengan XL Catlin Seaview Survey membuat ocean street view yang merekam suasana laut di Taman Nasional Bunaken. Salah satu titik yang direkam ocean street view Google yakni Alung Banua di Taman Nasional Bunaken. Alung Banua merupakan terumbu karang yang punya banyak celah dan retakan. Pada terumbu ini juga banyak spesies karang keras. Berikut nuansanya:

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya