Penampakan WhatsApp Berbayar, Pengguna Bilang Mengerikan

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – WhatsApp telah mengumumkan bahwa mereka sedang bersiap membuat fitur WhatsApp yang bisa menghasilkan pendapatan bagi perusahaan pesan instan itu. Dengan menargetkan pengguna kalangan bisnis, WhatsApp bisa meminta bayaran untuk mengirimkan pesan promosi ke para pengguna.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Memang belum diketahui kapan WhatsApp akan mulai menerapkan layanan berbayar ini. Namun dalam sebuah forum, muncul penampakan bentuk WhatsApp berbayar yang sepertinya menjadi jembatan promosi perusahaan ke konsumen.

Postingan yang dikirim oleh salah satu pengguna Reddit itu menampilkan pesan promosi dari sebuah media berita. Di bagian bawahnya tertulis "Powered by WA Business".

4 Reasons Why People Hide Their WhatsApp Status

Di bagian selanjutnya juga dituliskan jika penerima bisa berhenti untuk menerima pesan tersebut. Proses unsubscribe (berhenti berlangganan) bisa diajukan gratis. Artinya, pengguna tak akan ditarik biaya. Kemungkinan karena biaya pesan sudah ditanggung oleh perusahaan yang menggunakan jasa pesan promosi itu.

Sejumlah Alasan Seseorang Merahasiakan Status WhatsApp, Nomor Terakhir Udah Biasa

Yang menarik, dalam pesan Whatsapp bisnis itu, nomor yang digunakan untuk berkirim pesan bukanlah telepon lokal. Nomor WhatsApp dimulai dengan prefix +1(321), yang diketahui merupakan kode area telepon di Kanada.

Para pengguna Reddit turut mengomentari postingan ini karena terkejut. Pasalnya, 
dipertanyakan, darimana WhatsApp mendapat izin dari masing-masing pengguna untuk mengirimkan pesan tersebut. Belum lagi, pengguna Reddit merasa khawatir, di era Pemilihan Presiden yang akan berlangsung tidak lama lagi, bisa jadi fitur ini akan digunakan untuk melakukan 'serangan fajar'.

Yang mengerikan, WhatsApp memberikan layanan pesan instan kepada penggunanya secara gratis. Besar kemungkinan pengguna 'dipaksa' untuk menerima pesan iklan itu sebagai kompensasi layanan gratis WhatsApp.

Sampai saat ini belum diketahui jika postingan tersebut merupakan tampilan WhatsApp Business yang asli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya