10 Cara yang Bisa Buat LinkedIn Berguna

Managing Director LinkedIn for Asia Pacific Region, Olivier Legrand.
Sumber :
  • Dok. LinkedIn

VIVA – Banyak dari masyarakat kita yang belum tahu soal fungsi dari LinkedIn. Penggunaan yang tidak maksimal membuat jejaring tersebut terlihat sudah sangat lampau. Padahal jika pengguna memberikan banyak sentuhan, tentu akan menghasilkan koneksi baru di industri Anda. 

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Dikutp melalui laman Popular Science, Jumat, 17 Agustus 2018, berikut adalah 10 kiat untuk membuat LinkedIn Anda berfungsi.

1. Sesuaikan Feed

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

LinkedIn telah mengadopsi feed berita yang akan menyapa pengguna setiap kali mereka membuka aplikasi. Jika feed nampak seperti white noise, itu karena pengguna belum mengaturnya untuk menampilkan konten yang relevan. 

Anda hanya cukup mengunjungi situs web LinkedIn, lalu klik rekomendasi pada kanan atas. Setelahnya mereka akan memberikan daftar individu dan topik yang disarankan. Sebaliknya, jika ingin menyingkirkan postingan yang tidak sesuai minat, Anda hanya harus klik titik tiga di pojok kanan atas pos, lalu pilih berhenti mengikuti.

Profil Sopyan Dado Bintang Sinetron TOP yang Meninggal Dunia

2. Buat diri Anda tersedia

Jika ingin meningkatkan peluang koneksi dengan orang lain, maka Anda harus membuat orang lain tahu bahwa Anda tersedia. Dengan cara ini, koneksi bisa mengirim pesan melalui aplikasi. Namun cara ini tidak akan cocok untuk semua orang. Ada beberapa dari mereka yang tidak ingin menerima permintaan obrolan dari orang yang tidak dikenal.

3. Mulai percakapan

Jika Anda mulai berkontribusi di feed, maka visibilitas diperkirakan akan naik. Cara membuat pos ialah dengan mengklik kotak Share. Di sana pengguna bisa membagikan artikel, foto, video, bahkan ide berita. Pastikan pos yang dibuat masih seputar bidang yang digeluti.

4. Nyalakan notifikasi

Fitur pencarian pada platform ini memungkinkan pengguna untuk mendapat lansiran email saat menemui kecocokan. Mulailah dengan memasukkan beberapa kata kunci dalam kotak search. Jika sudah menemukan opsi yang cocok, maka Anda hanya harus mengaktifkan notifikasi pada bagian kanan.

5. Ikuti perusahaan

LinkedIn bisa dijadikan platform untuk menggali ilmu. Maka dari itu pengguna bisa memanfaatkan fitur 'follow'. Perusahaan biasanya akan membagi banyak tips yang bisa membuat karir Anda semakin maju serta belajar lebih banyak mengenai industri yang Anda pilih.

6. Ekspor koneksi

Jika Anda menghubungi seseoran melalui LinkedIn namun belum mendapat balasan, maka pengguna bisa melakukan opsi ini. Anda dapat mengekspor data kontak LinkedIn, memungkinkan pengguna untuk menggunakannya dengan program dan layanan lain. Contohnya seperti penggunaan email tradisional.

7. Terbuka untuk peluang

LinkedIn dapat membawa pengguna untuk mendapat perhatian perekrut yang mencari kandidat melalui recruiter tool. Pengguna akan mendapatkan lebih banyak prospek dari calon bos. Kendati demikian, platform itu mengatakan tidak mengambil langkah untuk menunjukkan perusahaan yang sedang mencari loker.

8. Sesuaikan lansiran

LinkedIn memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol notifikasi. Apabila pengguna tidak menggunakan aplikasi selama berhari-hari, mereka tetap mendapat update penting melalui email. Anda dapat memilih menerima untuk menerima atau mengindari email tentang undangan, pesan langsung, peluang kerja, pembaruan jaringan, kontak yang bergabung, dukungan, sampai komentar di pos Anda.

9. Tingkatkan profil

Perekrut akan menjadikan profil sebagai pandangan pertama mereka. Pengguna yang memiliki waktu luang diharapkan untuk meningkatkan kualitas. Edit profil memang butuh waktu yang lama, akan lebih baik jika pengguna menggunakan situs web. Pengguna bisa memilih gambar profil yang bagus dan memperbarui informasi resume. Anda juga bisa menambahkan tautan.

10. Kekuatan kelompok

Bergabung dengan grup merupakan cara yang berguna untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bidang yang Anda minati. Setelah bergabung dengan grup yang relevan, pengguna dapat melihat ringkasan hal-hal yang populer yang di pos anggota. Anda juga dapat terhubung dengan orang yang berpikiran sama, menerima saran profesional, dan mencari peran baru. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya