Fantastis! Pengguna Habiskan 11.425 Jam di Whatsapp

Logo aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Arivera

VIVA – WhatsApp didapuk menjadi aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, melebihi Facebook Messenger dan WeChat. Menurut Statista, pengguna WhatsApp hingga Juli 2018 mencapai 1,5 miliar orang. Disusul kemudian 1,3 miliar orang pengguna Facebook Messenger dan 1,04 miliar orang pengguna WeChat.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Lantas, berapa lama pengguna menghabiskan waktunya memakai aplikasi yang diakuisisi Facebook pada 2014 ini? Sungguh fantastis, mengutip Firenewsfeed, Selasa, 21 Agustus 2018, selama tiga bulan terakhir pengguna rela menghabiskan waktu bersama WhatsApp sebanyak 85 miliar jam atau 3,5 miliar jam per hari.

Angka ini setara dengan 9,5 juta tahun dan 11.425 jam untuk setiap manusia yang ada di Bumi. Selanjutnya, pengguna 'hanya' menghabiskan waktunya sebanyak 30 miliar per jam untuk berselancar di media sosial Facebook. Data ini diungkap oleh perusahaan aplikasi Apptopia.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Apptopia adalah perusahaan analis aplikasi smartphone. "Sudah jelas WhatsApp adalah aplikasi pesan instan paling disukai. Data kami berkaitan erat dengan komunikasi yang mempelajari pengguna menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berselancar di internet melalui aplikasi," kata Juru Bicara Apptopia, Adam Blacker.

Yang menariknya lagi adalah adanya pergeseran kebiasaan pengguna, yang didominasi generasi milenial, di mana sebelumnya doyan berkomunikasi di "media sosial tradisional" seperti Facebook atau Twitter, kini beralih ke WhatsApp. Meski begitu, data ini tidak mencakup pengguna aplikasi berbasis Android pihak ketiga milik China, WeChat.

Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Pada awal tahun ini, Apptopia telah melaporkan bahwa WhatsApp memimpin daftar aplikasi yang paling banyak diunduh untuk kategori media sosial. Aplikasi yang didirikan Jan Koum bersama Brian Acton ini meraih sekitar 924 juta unduhan. Jumlah ini mengalahkan sembilan aplikasi media sosial lainnya, seperti Facebook Messenger dan Facebook, serta Instagram.

Aksi menentang kekerasan terhadap jurnalis. (Foto ilustrasi).

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Survei mengungkapkan, bentuk kekerasan Jurnalis berupa pelarangan liputan hingga teror dan intimidasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024