Pria Kesepian, Cobain Istri Robot Hologram Ini

Gatebox merilis istri robot hologram
Sumber :
  • Instagram/@gadgetmenhk

VIVA – Perusahaan teknologi di Jepang punya terobosan yang kontroversial dan unik. Perusahaan yang bernama Gatebox itu memproduksi gadis holografik kecil yang bisa menggantikan posisi seorang istri. Robot gadis anime holografik mini yang bernama Aizuma Hikari itu berdiri di dalam proyektor silinder.

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa 21 Agustus 2018, perusahaan yang berbasis di Tokyo ini menargetkan pria lajang yang tinggal sendiri alias pria kesepian bisa menjalin komunikasi dengan ‘istri’ robot hologram tersebut.

Gatebox mengatakan, sudah memulai produksi massal ‘istri’ robot holografik tersebut. Karakter holografik itu berdiri setinggi 8 inci dan berbicara dengan 'suaminya' dari balik plastik berbentuk silinder. ‘Istri’ buatan ini bisa dibeli dengan harga 150 ribu yen atau sekitar Rp19,9 juta. Adapun biaya langganannya yang dibanderol sebesar 1.500 yen atau sekitar Rp199 ribu per bulan.

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli

Jika pengguna tidak membayar biaya langganan, maka ‘istri’ mereka akan kadaluwarsa. Biaya langganan disebut sebagai biaya hidup oleh perusahaan.

Perusahaan menggunakan mikrofon, kamera dan sensor untuk mendeteksi suhu dan gerakan. Hal ini berguna untuk interaksi antara pengguna dengan istrinya dalam tingkat yang lebih pribadi. Perusahaan mengatakan, ‘istri’ robot hologram itu bisa mencoba hal terbaik untuk melayani ‘suaminya’. 

So Sweet! Ngaku Cinta Sejati, Onad dan Beby Sepakat Gak Nikah Lagi Kalau Salah Satu Meninggal

Adapun mikrofon ganda untuk mereka saling berbicara, "Ini akan membuat karakter berkomunikasi secara aktif, misalnya tersenyum kepada master ketika mereka bertemu atau menyambut tuan rumah dengan deteksi otomatis," ujar perusahaan.

Selain itu, ‘istri’ holografik itu juga dapat membangunkan pengguna di pagi hari, mengingatkan pemilik untuk membawa payung, menyalakan lampu ketika pemilik sedang dalam perjalanan pulang, dan bersantai ketika malam dengan menonton televisi bersama.

Azuma juga dapat melakukan tugas standar asisten virtual seperti memberikan pengingat kalender dan laporan cuaca. Gatebox melengkapinya dengan port HDMI untuk dapat terhubung ke layar besar.

"Aizuma Hikari adalah karakter dengan pesona yang menghibur. Ia akan tumbuh menjadi ‘istri’ yang ideal setelah pengguna melakukan pembaruan yang lebih lanjut," ujar perusahaan.

Robot hologram tersebut memiliki kemampuan untuk mengontrol pencahayaan dan peralatan rumah tangga di dalam rumah. Aizuma dirancang oleh Taro Minobishi. Yuka Hiyamizu, seorang artis Jepang bertugas sebagai pengisi suara.

Sebagai pelengkap, Gatebox melengkapi robot hologram tersebut dengan LAN nirkabel, Bluetooth dan inframerah untuk bisa membuat pengguna mengendalikan peralatan rumah seperti televisi, lampu dan AC. Gatebox juga berencana menambah dukungan asisten virtual berbasis kecerdasan buatan Clova milik LINE di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya