Masa Depan Dunia berkat 5G, Internet Cepat hingga Mobil Tanpa Driver

Ilustrasi smartphone dan teknologi 5G.
Sumber :
  • Pexels/jeshoots

VIVA – Meski belum resmi diluncurkan, teknologi 5G telah ramai diperbincangkan. Desas-desus yang beredar, 5G akan membawa perubahan yang akan semakin mempermudah akses komunikasi melalui jaringan seluler nirkabel super cepat.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

"5G adalah teknologi mobile generasi berikutnya," Daniel Gleeson, seorang analis teknologi konsumen di konsultan digital yang berbasis di London, Ovum, seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa, 21 Agustus 2018.

Namun, bicara soal 5G, ternyata teknologi yang akan resmi dirilis pada tahun 2020 ini, tidak hanya akan dikaitkan dengan kecepatan internet. Lebih dari itu, 5G adalah sebuah teknologi revolusioner yang akan dimanfaatkan dalam penggunaan infrastruktur, mobil, bahkan kelak jangan kaget kalau Anda akan menemukan kota pintar berkat terakses dengan 5G.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Berikut ini beberapa komponen yang akan menggandakan manfaat teknologi 5G, seperti dilansir dari laman RF Page.

1. Kecepatan internet tingkat tinggi
5G akan merevolusi pengalaman seluler dengan jaringan nirkabel super canggih, yang dapat mendukung hingga 10 hingga 20 GBPS kecepatan unduh data. Ini setara dengan koneksi internet serat optik yang diakses secara nirkabel.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

2. Hiburan dan multimedia
Industri hiburan akan sangat merasakan manfaat kehadiran 5G. Nantinya, siaran langsung dari televisi akan dapat langsung dialirkan melalui jaringan nirkabel dengan definisi tinggi.

Selain itu, pengalaman menyaksikan tayangan secara Augmented reality dan virtual reality, juga akan lebih berkesan, akibat paparan gambar virtual yang luar biasa jernih.

3. Rumah pintar
Konsep rumah pintar akan memanfaatkan jaringan 5G untuk konektivitas perangkat dan pemantauan aplikasi. Peralatan rumah tangga, mulai dari alat memasak hingga kamera CCTV juga akan dikonfigurasikan ramah 5G.

4. Logistik dan pengiriman
Industri logistik dan pengiriman barang kelak dapat menggunakan teknologi 5G untuk pelacakan barang, manajemen armada, manajemen basis data terpusat, penjadwalan staf, serta pelaporan pengiriman real-time.

5. Kehadiran kota pintar
Teknologi 5G akan memberi kemudahan pada segi pengaturan lalu lintas, informasi cuaca, penyiaran informasi, jaringan listrik pintar. Konsep rumah pintar akan memiliki sistem penerangan jalan akan mengandalkan jaringan 5G yang tanpa kabel. Bahkan, manajemen sumber daya air, hingga layanan tanggap darurat pun akan berfungsi maksimal dengan 5G.

Anak-anak saat menjelajah internet.

6. Industri masa depan
Industri masa depan akan bergantung pada teknologi 5G dan LTE canggih. Perusahaan dapat menggunakan 5G untuk otomatisasi peralatan yang efisien, pemeliharaan prediktif, keamanan, bahkan pelacakan proses. Termasuk alur pengepakan, pengiriman, hingga manajemen energi.

7. Pertanian canggih
Teknologi 5G akan digunakan di bidang pertanian pintar di masa depan. Dengan menggunakan sensor RFID pintar dan teknologi GPS, para petani dapat melacak lokasi ternak dan mengelolanya dengan mudah. Sensor pintar dapat digunakan untuk kontrol irigasi, kontrol akses, serta manajemen energi.

8. Bidang kesehatan
Praktisi medis juga dimungkinkan sebagai penerima manfaat secara langsung teknologi 5G. Dokter dapat terhubung dengan pasien dari mana saja kapan saja dan menasihati mereka bila diperlukan. Para ilmuwan sedang mengerjakan perangkat medis pintar yang dapat melakukan operasi jarak jauh.

9. Mobil tanpa pengemudi

Kendaraan yang berkonsep self-driving bukan lagi khayalan dengan teknologi 5G. Di masa depan, mobil dapat berkomunikasi dengan rambu lalu lintas yang cerdas, benda-benda di sekitarnya dan kendaraan lain di jalan. Setiap milidetik penting untuk kendaraan self-driving, keputusan harus dibuat dalam hitungan detik untuk menghindari tabrakan dan memastikan keselamatan penumpang.

10. Penggunaan drone
Drone semakin populer untuk berbagai operasi beragam mulai dari hiburan, pengambilan video, akses medis dan darurat, solusi pengiriman cerdas, keamanan dan pengawasan, dll. Jaringan 5G akan memberikan dukungan kuat dengan konektivitas internet nirkabel kecepatan tinggi untuk operasi drone dalam berbagai aplikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya