Cumi-cumi Raksasa Terdampar di Pantai, Bukti 'Monster Laut' Itu Nyata

Penemuan cumi-cumi raksasa
Sumber :
  • Metro

VIVA – Seekor cumi-cumi raksasa ditemukan terdampar di pantai selatan Wellington di Selandia Baru. 

Penyebab Hilangnya Selat Muria yang Pisahkan Kudus dan Jepara dari Pulau Jawa

Seperti dikutip dari laman Metro, Rabu 29 Agustus 2018, bangkai 'monster laut' itu awalnya ditemukan tergeletak oleh tiga bersaudara yang akan berenang di pagi hari. 

Mereka lantas memotretnya, sebelum diserahkan pada petugas untuk dianalisis. "Kakakku berkata 'ada apa di sana?' Lalu, menunjukkan penampakan ini," kata Daniel Aplin, salah seorang perenang, kepada media lokal. 

Ngeri, Ilmuwan Diajak Berenang dengan Ular Raksasa

"Ia berada tepat di dekat jalur berlari. Jadi, kami berhenti dan kami melihat ini seperti cumi-cumi raksasa," katanya menambahkan. 

Mereka mengukur cumi-cumi, kemudian diketahui panjangnya 4,2 meter. Foto cumi-cumi itu juga diunggah ke laman Ocean Hunter Spearfishing dan Freediving Specialists.

Pemerintah Kaji Giant Sea Wall Masuk Jadi Proyek Strategis Nasional

Departemen Konservasi Selandia Baru menegaskan bahwa makhluk itu adalah cumi-cumi raksasa. Cephalopoda terbesar yang pernah ada di dunia. Bahkan, bisa jadi jenis invertebrata terbesar yang pernah diidentifikasi.

Makhluk jenis itu dapat berkisar dari tiga sampai sembilan meter panjangnya dan sangat langka. 

Ilmuwan laut juga berspekulasi tentang keberadaan spesies 'cumi-cumi raksasa' yang panjangnya hingga 14 meter dan hidup di perairan beku di sekitar Antartika. 

Kini, spesimen Cephalopoda yang terdampar tersebut diamankan oleh Lembaga Penelitian Air dan Atmosfer Nasional Selandia Baru, untuk dianalisa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya