Diam-diam, Alibaba Bikin Asian Games 2018 Mendunia

Alibaba Cloud
Sumber :
  • Instagram/@citytadka_surat

VIVA – Asian Games 2018 berjalan begitu meriah bahkan mendunia. Gaung pesta olahraga terakbar se-Asia itu sampai ke Eropa dan mendunia. Nah diam-diam, perusahaan teknologi asal China, Alibaba, turut berkontribusi melambungkan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang ke berbagai belahan wilayah di dunia.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Perusahaan yang didirikan orang kaya dunia Jack Ma itu ternyata berkontribusi menyiarkan Asian Games 2018 sampai ke wilayah pelosok dunia, melalui solusi komputasi awan milik mereka, Alibaba Cloud. 

Solusi tersebut membuat kemeriahan Asian Games 2018 bisa disaksikan secara langsung oleh jutaan pemirsa di kawasan Asia Pasifik yang kurang mendapat cakupan siaran langsung pesta olahraga terakbar tersebut. 

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Dikutip dari Alizila, Minggu 2 September 2018, untuk menyiarkan Asian Games 2018 secara langsung itu, Alibaba Cloud bekerja sama dengan Asia-Pacific Broadcasting Union Sports Network (ABU Sports). 

Berkat kerja sama itu, ABU Sports untuk pertama kalinya bisa mentransmisikan video dan audio siaran langsung sampai ke pemegang hak siar hingga ke area terpencil di Mongolia dan Fiji.

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Solusi komputasi awan Alibaba memungkinkan pengguna bisa menikmati siaran langsung dengan kualitas gambar tajam dari ABU Sports pada platform on demand

Komputasi awan Alibaba itu menolong keterbatasan kapasitas penyiaran yang dimiliki Jakarta International Broadcast Center (IBC). 

"Dengan teknologi kelas terbaik Alibaba Cloud yang dikirimkan ke ABU Sports, kami membawa pengalaman menonton eksklusif ke jutaan orang di kawasan Asia Pasifik," kata General Manager Global Strategic Accounts and Sports Business Unit Alibaba Cloud, Joey Tan.

Secara teknisnya, solusi Alibaba itu mengirimkan gambar dan suara dari IBC ke markas pusat anggota ABU Sports. Selanjutnya, dengan data center dan kemampuan yang dimiliki anggota ABU Sports itu, video Asian Games 2018 diproses dan ditransmisikan melalui platform komputasi awan Alibaba ke penerima hak siar di kawasan Asia Pasifik.

ABU Sports mengirimkan siaran langsung ke area terpencil, termasuk di Fiji, Kamboja, dan Mongolia. 

Sementara itu, ABU Sports mengaku puas dengan layanan Alibaba tersebut. Perusahaan penyiaran itu mengatakan, komputasi awan Alibaba terbukti bisa diandalkan sebagai alternatif dari siaran satelit. 

"Dengan suksesnya penyebaran siaran ini, ABU dan Alibaba Cloud mampu untuk mengawali solusi digital yang lebih layak diandalkan, baik untuk transmisi dan siaran langsung," jelas Direktur ABU Sports, Cai Yanjiang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya