5 Jalan Sukses Jack Ma Jadikan Alibaba Raksasa Bisnis Dunia

Presiden Joko Widodo dan pendiri Alibaba Group, Jack Ma.
Sumber :
  • dok/ Setkab

VIVA – Kedatangan bos Alibaba, Jack Ma, ke Indonesia dalam rangka menghadiri perhelatan Asian Games 2018, mencuri perhatian publik Indonesia.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Hal itu tak mengherankan, sebab Jack Ma selama ini disebut-sebut sebagai sosok pendiri bisnis e-commerce yang meraup pendapatan fantastis, pada tahun 2016 saja mencapai $23 miliar.

Mendengar kisah sukses Jack Ma, tak sedikit dari kalangan pebisnis maupun khalayak umum yang kemudian mengidolakannya. Meme-meme tentang motivasi sukses dari Jack Ma pun bertebaran menghiasi media sosial. Mereka berharap bisa mengikuti jejak Jack Ma dan mencapai kesuksesan serupa.

Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Bukan hanya di Indonesia, nama Jack Ma juga bergaung di berbagai belahan dunia dengan petuah-petuahnya tentang keuletannya membangun bisnis. Nama Jack Ma bertengger di peringkat 6 daftar 10 CEO paling berpengaruh di dunia versi Forbes, mengalahkan Elon Musk berada di nomor 9.

VIVA Digital merangkum beberapa pesan kesuksesan yang dilontarkan Jack Ma, saat menjadi pembicara di Detroit pada acara Alibaba Gateaway '17, di antaranya berikut ini.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

1. Menjaga kepercayaan orang lain

Jack Ma mengatakan bahwa kepercayaan adalah bagian integral dari kesuksesan Alibaba.

"Kepercayaan adalah yang membuat kita bersatu. 18 (investor) mempercayaiku. Dan karena mereka mempercayaiku, aku harus sangat setia kepada mereka dan setia pada misi yang kami miliki."

2. Lupakan kompetisi. Fokus pada pelanggan

Jack Ma tidak terlalu khawatir tentang kompetisi Alibaba. Semua yang dilakukan Alibaba, katanya, tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Alasannya sederhana. Untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus menjadi inti dari pengambilan keputusan.

"Jika pelanggan kami mengatakan 'Jack Anda harus membangun lebih banyak gudang,' maka Jack Ma menjawab, "Kami membangun gudang. Kami melakukannya bukan karena ada uang, kami melakukannya karena itu perlu."

Ketika ditanya siapa yang dia lihat sebagai pesaing Alibaba, Jack Ma mengatakan dia tidak tahu.

"Sebagai wirausahawan, jangan melihat tetangga Anda sebagai pesaing," katanya.

"Jangan memfokuskan mata Anda pada pesaing. Anda terlalu kecil untuk fokus pada tetangga atau pesaing. Fokuslah pada pelanggan Anda. Membuat pelanggan Anda bahagia adalah penting," kata Jack Ma.

3. Pikirkan bisnis Anda dalam istilah global

Bagi Jack Ma, masa depan adalah global. Ia percaya usaha kecil harus beroperasi secara internasional untuk bertahan dalam jangka panjang.

"Jika Anda tidak mencoba untuk mengglobalkan bisnis Anda melalui internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis," kata Jack Ma.

Dia berpendapat bahwa bisnis lokal hanya akan semakin kompetitif. Dia mendorong bisnis kecil untuk memikirkan bagaimana mereka dapat menjual produk di seluruh dunia.

4. Rekrut anak muda dan pekerjakan dengan cerdas

"Ketika kami masih muda, tidak ada yang memberi kami kesempatan," kata Jack Ma.

"Sekarang, kita harus memberi anak muda kesempatan. Anak muda melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada kita."

Jack Ma bahkan tak segan mempekerjakan orang yang lebih pintar darinya karena dia tahu itu yang terbaik untuk perusahaan.

5. Terus maju

Saran Jack Ma untuk para pebisnis mencerminkan perjalanannya dengan Alibaba, "Teruslah berjalan. Ketekunan itu diperlukan. Hari ini sangat sulit, besok sulit, tetapi lusa sangat indah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya