Ada 'WhatsApp Africa' di Twitter, Pengguna Diminta Waspada

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MIH83

VIVA – Akun WhatsApp palsu telah muncul di Twitter dengan nama 'WhatsApp Africa'. Akun tersebut menawarkan data gratis untuk pengguna di sepanjang September 2018. Hingga saat ini akun tersebut telah melakukan 186 retweet, 220 like atau suka, dan 143 komentar.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

"Kami memberikan aplikasi data gratis selama bulan September. Ikutlah dan retweet. Komentar dengan nomor WhatsApp Anda," demikian bunyi akun WhatsApp Africa, seperti dikutip Mirror, Senin, 3 September 2018.

Tak pelak, akun palsu ini begitu mengkhawatirkan, sebab, banyak pengguna yang percaya itu benar, lalu menjawab dengan nomor telepon mereka. Tapi ada pula yang mempertanyakan apakah ini nyata atau scam.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Meskipun akun palsu tersebut memiliki logo telepon hijau yang terkenal ikon WhatsApp, tapi itu bukan akun nyata. Karena, WhatsApp memiliki akun terverifikasi, meskipun belum mem-posting apa pun sejak 2016.

Ada beberapa tanda peringatan yang harus diwaspadai untuk memastikan bahwa itu bukanlah penipuan atas nama WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

1. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Penipuan seringkali mengandung ejaan dan tata bahasa yang salah. Misalnya, dalam hal ini, ejaan WhatsApp ditulis dengan 'What's App'. Sudah jelas bahwa itu penipuan.

2. Periksa Tweet Sebelumnya

Jika punya waktu luang, Anda bisa gunakan untuk stalking tweet sebelumnya untuk memeriksa apakah mereka terlihat akun asli atau bukan.

Akun WhatsApp Africa pada pos sebelumnya sering post meme dan repost selebriti, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh akun WhatsApp nyata.

3. Perhatikan Tanda Centang Biru

Perusahaan dan merek besar sangat mungkin diverifikasi di Twitter, tidak seperti akun tersebut. Untuk memeriksa apakah akun sudah diverifikasi maka carilah tanda centang biru di samping nama pengguna. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya