Kekurangan Uang, NASA Terima 'Endorse'

Hotel luar angkasa, Aurora Station.
Sumber :
  • Courtesy Orion Span

VIVA – Kemajuan teknologi telah memberi banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Namun, di balik itu, ada harga yang harus dibayar.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Misalnya saja, Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) yang membuka cakrawala pengetahuan umat manusia tentang luar angkasa. Untuk melancarkan misinya tentu butuh biaya yang tak sedikit.

Belakangan ini, NASA dikabarkan mengalami masalah finansial. Dikutip melalui laman BGR, Kamis, 6 September 2018, NASA hanyalah satu dari banyak agensi lainnya yang mengaku semakin sulit membayar tagihan. 

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Hingga tercetuslah ide dari NASA untuk menjual hak penamaan ke berbagai kegiatan ilmiah. 

Direktur perusahaan tersebut menyatakan, adanya penambahan modal bisa membuat mereka menghasilkan dana tambahan untuk berbagai programnya. 

Meninggal Dunia dengan Cara yang Tak Biasa

Saat ini NASA benar-benar butuh anggaran untuk mengabulkan misinya ke Mars menggunakan pesawat berawak.

"Mengapa kita ingin menjual hak penamaan? Perusahaan-perusahaan swasta nantinya dapat menggunakan nama NASA dalam kampanye pemasaran mereka. Kita dapat menanamkan NASA ke dalam budaya dan jalinan masyarakat Amerika," ujar Direktur NASA, Jim Bridenstine, selama pertemuan Dewan Penasihat NASA.

Jim ingin NASA menginspirasi generasi selanjutnya untuk menciptakan karya-karya spektakuler. Mereka bisa menjadikan Amerika lebih unggul, tidak hanya di ruang angkasa, namun juga dalam sains dan teknologi, serta penemuan dan eksplorasi.

Astronot juga dibebaskan untuk mengejar peluang dukungan pribadi mereka sendiri, dengan cara yang sebelumnya digunakan tokoh olahraga, yang dapat membantu menarik ilmuwan yang lebih berbakat ke jajaran NASA. 

Namun jika NASA memiliki kesepakatan universal tentang strategi baru ini, mereka masih memiliki aturan penting.

Banyak dari aturan itu harus ditulis ulang atau dihapus sepenuhnya, agar komersialisasi program luar angkasa AS terjadi. 

Kita harus menunggu dan melihat bagaimana ini terjadi, tetapi ada dua hal yang pasti, NASA membutuhkan uang dan perusahaan-perusahaan AS memilikinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya