Penjelasan PVMBG soal Penyebab Amblasnya Lahan Sawah di Sukabumi

Ilustrasi tanah sawah.
Sumber :
  • Dokumentasi Flickr

VIVA – Warga Kampung Legoknyenang RT 05/02, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat digegerkan dengan dentuman keras di area persawahan.

Tragedi Perkelahian Dua Lawan Satu di Klaten, Satu Tewas

Dentuman keras yang terdengar hingga radius 300 meter itu mengakibatkan lahan seluas enam meter amblas pada Jumat siang, 7 September 2018. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana  Gempa (PVMBG) telah mengidentifikasi penyebab kejadian tersebut.

Kepala PVMBG, Kasbani menjelaskan, faktor penyebabnya adalah di bawah tanah tersebut terdapat terowongan air sepanjang 50 meter dengan kondisi tanah yang labil dan terkena rembesan air persawahan.

Bus Harapan Jaya Terperosok ke Sawah Usai Tabrak Innova di Kediri, 12 Orang Luka-luka

Tidak hanya itu, Kasbani menuturkan, sifat batuan penyusun yang merupakan penyangga berada dalam posisi tidak beraturan yang menyebabkan tanah amblas karena menyerap air dengan volume tinggi.

“Sistem drainase yang kurang baik ditambah tata guna lahan sawah dengan kondisi air jenuh (tidak mengalir) dan menyebabkan saluran air tidak mengikuti konstruksi teknis yang sesuai,” kata dia.

Dedi Mulyadi Sindir Masyarakat: Harga Beras Naik Ribut, Skincare-Rokok Naik Diam

Untuk keamanan warga sekitar, ia berharap aparat setempat membuat garis pembatas agar tidak dijangkau.

“Rekomendasinya agar dibuat batas-batas pengaman di sekitar daerah amblas. Saluran air yang masih tersisa supaya dibuatkan konstruksi yang memadai," jelasnya.

Ilustrasi titik rawan longsor.

Lokasi Jalan Longsor-Amblas di Aceh, Pemudik Harus Waspada

Polisi mengimbau agar pemudik untuk berhati-hati dan mengecek kesiapan kendaraan sebelum berangkat mudik.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024