Banyak Orang Bingung, Foto Ilusi Optik Ini 'Pintu atau Pantai'?

Ini foto pintu atau pantai?
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Foto pantai atau pintu berikut ini mungkin akan mengecoh Anda. Seperti yang telah dilakukannya pada warganet lain, sehingga menjadi viral.

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Sejak bergulir di Twitter beberapa waktu lalu, tak sedikit orang yang bingung menebak jawaban yang benar.

Foto pantai atau pintu ini milik akun @rebeccareilly yang mulai diunggah pada akhir Agustus lalu. Di bagian kiri foto menunjukkan permukaan berwarna biru dengan gradasi yang semakin terang ke bagian tengah. Di bagian kanan, terdapat permukaan dengan tekstur yang tampak lebih kasar berwarna putih keabuan.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Bagi yang menebak foto tersebut adalah pantai, tentu mengira bagian putih adalah pasir, sedangkan warna biru mewakili langit. Hanya saja fotonya diposisikan vertikal.

Tapi cukup masuk akal juga apabila menilai foto itu menggambarkan sebuah pintu yang dicat biru, dan permukaan putihnya merupakan dinding. Sementara kusen pintu adalah bagian tengah yang berwarna hijau tosca.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Warganet akhirnya terlibat perdebatan tentang ‘jati diri’ foto itu. Sementara sebagian bersikeras itu foto pantai, yang lainnya ngotot menyatakan pintu. Bahkan ada yang berspekulasi dan mengedit foto itu menjadi daun pintu.

Sampai akhirnya si pemilik akun mengunggah gambar yang sebenarnya. Dan, rahasia foto itu pun terungkap. Tapi mereka yang terlibat perdebatan itu rata-rata tak menyebut bahwa yang mereka hadapi sebenarnya adalah ilusi optik.

Meski sederhana, ilusi foto pintu atau pantai ini memang bisa mencairkan pikiran dan membingungkan indra manusia. Hal itu pula yang mendorong ilmuwan untuk mengetahui ambang batas persepsi manusia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya