Jangan Kaget, Back Up Data WhatsApp Tak Dijamin Aman

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Pengguna WhatsApp yang mengharapkan back up datanya terlindungi Google Drive harus gigit jari. Ternyata, aplikasi perpesanan daring itu melakukan hal sebaliknya. WhatsApp tak menjamin data yang disalin dalam Google Drive terenkripsi alias aman.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

"Media dan pesan yang Anda back up tidak sepenuhnya terproteksi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp di Google Drive," ujar WhatsApp, dilansir laman Express, Senin 10 September 2018. 

Aplikasi milik Facebook itu tidak hanya sekali mengingatkan mengenai hal ini. Peringatan kepada pengguna ini disampaikan WhatsApp seiring dengan masa back up data ke Google Drive hingga 12 November mendatang. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Bagi pengguna, tentu saja hal ini bisa menimbulkan ketakutan atas privasi yang terbiasa dengan enkripsi pada aplikasi tersebut.

Hingga 12 November 2018 pengguna WhatsApp diingatkan untuk melakukan pembaruan dan back up data mereka. Jika sampai tanggal tersebut tak juga diperbarui, pengguna bisa kehilangan file yang ada di WhatsApp. 

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Google mengingatkan juga untuk melakukan back up dengan manual. Kebijakan tersebut berlaku pada seluruh pengguna WhatsApp hingga waktu yang telah ditentukan. 

"Back up WhatsApp yang tidak diperbarui lebih dari satu tahun akan otomatis terhapus dari penyimpanan," ujar Google. 

Pemberitahuan ini dilakukan menyusul perjanjian antara WhatsApp dengan Google yaitu back up WhatsApp tidak lagi dihitung oleh kuota penyimpanan Google Drive. 

"Untuk menghindari kehilangan back up, kami rekomendasikan pengguna untuk back up WhatsApp sebelum 12 November 2018," ujar kedua perusahaan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya