AI Tangkap 72 Sinyal Misterius dari Luar Angkasa, Diduga Alien

Ilustrasi Alien.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Ribastank

VIVA – Ilmuwan dari Breaktrough Listen baru-baru ini menangkap 72 sinyal misterius dari luar angkasa yang diduga berasal dari alien. Tim yang dipimpin oleh mahasiswa doktoral UC Berkeley, Gerry Zhang, memeriksa sebuah fenomena yang dikenal sebagai semburan radio cepat atau Fast Radio Bursts (FRBs).

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Sinyal FRBs, terdeteksi oleh sistem kecerdasan buatan (AI) yang merupakan bagian Breakthrough Listen Project. Seperti dilansir dari laman Mirror, Rabu, 12 September 2018, sinyal tersebut berasal dari daerah yang dinamakan FRB 121102. Posisinya tiga miliar tahun cahaya dari Bumi.

“FRB berasal dari 121102 galaksi yang jaraknya 3 miliar tahun cahaya dari Bumi, tetapi sifat objek yang memancarkannya tidak diketahui. Ada banyak teori, termasuk bahwa mereka bisa menjadi pertanda teknologi yang dikembangkan oleh kehidupan cerdas di luar angkasa,” kata tim peneliti dalam siaran pers, dikutip dari laman RT.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Selain menduga berasal dari alien, dua teori lain tentang asal-usul sinyal itu kemungkinan dari  lubang hitam supermasif dan bintang neutron.

"Dalam kasus ini, sinyal itu tampak sebagai sesuatu yang cerdas. Ini telah memajukan pengetahuan kita tentang salah satu misteri yang paling menggiurkan dalam dunia astronomi," kata Pete Worden.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Dalam penelitian yang memanfaatkan analisa data dari AI itu, ilmuwan menangkap 72 sinyal dalam satu jam. Menurut mereka, sumber sinyal secara bergantian menunjukan aktivitas diam dan reaksi hiruk pikuk. Laporan penelitian tim tersebut dipublikasikan dalam Astrophysical Journal pada hari Senin lalu.

Planet Uranus.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

Dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun, kita telah memperluas pengetahuan kita tidak hanya tentang planet-planet di Tata Surya, tetapi juga menemukan planet dan alien.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024