Video: 5 Aksi Langka Ikan Paus Dilihat dari Udara, Bisa Yoga Pula

Ilustrasi ikan paus
Sumber :
  • www.pixabay.com/Puravida_Fotografie

VIVA – Ilmuwan laut berhasil menemukan pemandangan ikan paus di laut yang tak biasa dilihat manusia, dengan memanfaatkan drone. Makhluk raksasa ini terekam melakukan beberapa 'aksi' yang mungkin membuat siapa pun takjub kala melihatnya.

Suara Ikan Paus Diyakini Sebagai Pintu Masuk Bahasa Alien

Mereka ternyata bisa berenang terbalik, melakukan headstand (berdiri dengan kepala sebagai tumpuan) layaknya gerakan senam yoga, bahkan buang air besar ke udara.

Para peneliti yang berasal dari Marine Mammal Institute di Oregon State University, AS, telah mendokumentasikan sebanyak 24 kali perilaku unik mamalia laut tersebut.

Sebulan, Sudah 7 Paus Terdampar & Mati Di Pantai New York

Dikutip melalui situs Metro, Jumat, 13 September 2018, salah satu peneliti, Leigh Torres mengatakan, penggunaan drone membuat pengamatan lebih mudah dilakukan tanpa mengganggu aktivitas dan habitat ikan paus.

Seekor paus abu-abu bisa tumbuh sekitar 15 meter dengan berat 36 ton. Mereka biasanya hidup antara 55-70 tahun. Namun seperti semua satwa laut, habitat mereka juga turut terancam.

Viral Turis Cantik Kaget Menemukan Penis Raksasa di Pantai

Penelitian ini mengamati perilaku paus abu-abu di 53 penampakan selama enam bulan. Tim membuat video '5 perilaku paus abu-abu yang paling keren', mencakup salah satu momen saat makhluk seberat 36 ton tersebut mengeluarkan kotoran.

"Dengan drone kita dapat mengamati dalam periode yang lebih lama dan mendeteksi perilaku baru. Seperti apa yang kita sebut sebagai headstands, di mana paus meletakkan kepala dan mulutnya ke karang, celah dan substrat untuk mencari makan," ujarnya.

Mereka juga telah merekam paus yang berenang dengan jaw-snapping (badan terbalik) selama tiga menit. Hal itu ia lakukan untuk membantu fokus terhadap mangsa.

Pemantauan melalui drone dapat diterapkan pada spesies laut lainnya seperti hiu, kura-kura dan lumba-lumba. Sebagian besar hewan laut bergerak cepat, dan mereka tidak dapat diprediksi.

Tetapi dengan drone, peneliti dapat melihat ke bawah air dengan cukup jelas. Mereka bisa benar-benar mendapatkan pengetahuan baru tentang bagaimana hewan laut menjalani kehidupan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya