Momo Challenge Menyusup ke Game GTA 5, Begini Ngerinya

Avatar Momo Challenge muncul di game Grand Theft Auto 5
Sumber :
  • YouTube/@GalenT20

VIVA – Ada hal mengagetkan pada video game populer Grand Theft Auto 5 atau GTA 5. Pada game tersebut, muncul avatar Momo Challenge. 

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Avatar Momo yang mengerikan itu muncul di tengah game. Diduga avatar Momo ini sengaja disusupkan sebagai ‘mod’ oleh pengguna. Mod merupakan penambahan personalisasi pada game yang diciptakan pengguna atau modder. 

Dikutip dari Foxnews, Sabtu 15 September 2018, munculnya avatar Momo Challenge itu diabadikan dalam video YouTube. Dalam video, avatar Momo itu menyerang pemain di sebuah bangunan bobrok yang angker. 

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

Video GTA 5 yang berisi avatar Momo itu telah ditonton lebih dari 290 ribu fans video game tersebut. 

Munculnya avatar Momo ini menimbulkan kekhawatiran anak-anak bisa terjerumus pada hal yang berbahaya misalnya pencurian data pribadi, pelecehan dan hal lainnya. 

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Penerbit game GTA 5, Rockstar Games telah dikontak dengan kemunculan avatar Momo tersebut, namun penerbit itu belum memberikan tanggapan resmi. 

Ternyata munculnya karakter Momo Challenge itu sudah menjalar ke berbagai platform. Sebelum muncul pada GTA 5, modder menambahkan avatar Mom Challenge pada game populer untuk anak-anak, Minecraft.

Momo challenge bermula di Facebook. Sejumlah pengguna dan anggota grup Facebook berkomunikasi dengan nomor tak dikenal. Momo akan mengirim gambar dan permainan kekerasan dengan nada mengancam jika mereka menolak melakukan instruksi tersebut.

Selain di Facebook, ajakan untuk ikut dalam permainan dan tantangan Momo challenge ini juga menyebar luas lewat WhatsApp. 

Kekhawatiran di berbagai belahan dunia itu mengundang komentar dari WhatsApp. Aplikasi perpesanan milik Facebook itu memprioritaskan kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanannya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya