Sebentar Lagi, Google Lebih Akurat dan Cepat Kenali Lagu

Ilustrasi gunakan google Assistant.
Sumber :
  • REUTERS/Kham

VIVA – Google makin memanjakan penggunanya. Perusahaan digital raksasa itu mengumumkan Google Assistant memungkinkan pengguna mengakses lagu dengan lebih cepat dan lebih akurat.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Menurut Google, dilansir dari laman Tech Radar, Senin 17 September 2018, perubahan ini terjadi karena rutinitas kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence berbasis komputasi awan atau cloud

Sound Search atau yang nama resminya adalah 'hey Google, what's this song?' telah diperbaharui menggunakan jaringan kecerdasan buatan empat kali lebih besar dari pendahulunya. Fitur pencarian itu juga mengambil sampel lagu dua kali lebih banyak dari sebelumnya. 

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Hal tersebut dilakukan Google untuk meningkatkan peluang kecocokan yang positif dari pencarian pengguna. 

Google mengatakan, Sound Search saat ini bisa secara otomatis menyesuaikan teknik berdasarkan lagu yang didengar apakah lebih populer atau tidak jelas. Kecerdasan buatan itu akan menggunakan lebih banyak metode pemeriksaan detail untuk membantu mengidentifikasi trek yang kurang dikenal. 

Abeliano Menyemangati Hati dengan Lagu Terbaru, Hoping You'll Be Mine

Dengan algoritma mesin pencarian, Sound Search dapat dengan cepat beroperasi. Selain itu juga mendapatkan serangkaian sidik jari pada audio untuk mendengarkan musik dan dengan cepat mengurangi jumlah kecocokan potensial pada database-nya. 

Teknologi yang sama juga digunakan pada smartphone Pixel. Fitur Now Playing bisa identifikasi secara otomatis dalam keadaan ponsel terkunci. 

Google mengatakan, teknologi pada Pixel yang sekarang diadaptasi oleh Sound Search. 

Perusahaan itu menjanjikan akan membuat Sound Search lebih cepat di masa mendatang. Namun mereka juga mengetahui belum semuanya sempurna, dengan mendapatkan kecocokan akan berkurang saat di tempat ramai atau sangat tenang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya