Wikipedia 'Dirusak', Warganet Berteriak

Logo Wikipedia.
Sumber :
  • http://iampxr.deviantart.com

VIVA – Warganet dihebohkan oleh protes yang dilontarkan situs multibahasa dalam jaringan, Wikipedia bahasa Indonesia.

Desta Puji Natasha Rizky Sebagai Artis dengan Vibes Adem, Netizen Langsung Heboh

Melalui akun Twitter-nya, @idwiki, seperti dikutip VIVA, Senin, 17 September 2018, situs yang bermarkas di Amerika Serikat itu mengeluh karena kontennya 'dirusak' oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dirusak di sini artinya isi berita atau artikel Wikipedia diacak-acak atau ditulis dalam bentuk kode dan sejenisnya.

'Nyawa' Wikipedia Terancam

"Wikipedia memang terbuka untuk siapa saja, tetapi bukan untuk dirusak seperti ini. Saat ini, kontributor Wikipedia sedang berusaha untuk mengawasi dan melakukan tindakan pencegahan. Anda dapat membantu dengan cara menyebarkan twit ini ke warganet lainnya," demikian keterangan Wikipedia bahasa Indonesia melalui @idwiki.

Rilis Lagu Baru Aku Juga Manusia, Atta Halilintar Bikin Heboh Warganet: Liriknya Cocok Buat Fuji

Selain itu, Wikipedia mengingatkan kalau pihaknya tidak pernah menyarankan sebagai rujukan. Akan tetapi, referensi yang ada di artikel Wikipedia boleh digunakan.

"Oh, iya. Wikimin tidak pernah berkata bahwa Wikipedia boleh dipakai sebagai rujukan, lho. Namun, referensi yang ada di artikel Wikipedia boleh digunakan," kata @idwiki.

Tak ayal, warganet 'berteriak' soal vandalisme yang terjadi di Wikipedia.

"Anjir norak sampah. Inilah salah satu alasan kenapa lebih sering baca wikipedia versi inggris (kalo bukan tentang konten lokal) Orang sini masih belum pada bijak makenya," kata @meitanama.

"harusnya dari awal memang wikipedia membatasi/memberikan pengamanan sehingga gak semua orang bisa menyunting sesuka jidat," ujar @meutuwahrr.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya