Facebook Punya Fitur Berburu Jodoh, Bisa Ketemu Mantan

Facebook Dating
Sumber :
  • Facebook Dating

VIVA – Akhirnya, Facebook menguji coba fitur kencan pertama di dunia, setelah mengenalkan layanan tersebut pada Mei lalu. Fitur kencan Facebook yang bernama Facebook Dating ini diuji di Kolombia.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Facebook Dating ini muncul pada bagian utama aplikasi Facebook dan hadir dengan sejumlah fitur yang tak kalah dengan layanan atau platform jodoh yang sudah ada. 

Facebook Dating menggunakan algoritma yang akan mencocokkan teman kencan berbasis apa yang telah dibagi pengguna. Dikutip dari The Verge, Jumat 21 September 2018, Facebook Dating saat ini, cuma tersedia pada versi aplikasi dan belum hadir dalam versi desktop. 

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

"Kencan merupakan perilaku yang telah kami amati di Facebook dalam waktu yang benar-benar lama. Kami ingin memudahkan dan membuat lebih nyaman bagi mereka yang ingin kencan. Kami pikir ini adalah saat yang tepat," ujar Produk Manajer Facebook, Nathan Sharp kepada The Verge.  

Nah, yang menarik dan perlu jadi catatan, Facebook Dating ini merupakan opsional. Artinya, jika kamu tak menginginkan fitur ini, Facebook tidak akan memaksa. Sesuai fungsinya, Facebook Dating diperuntukkan untuk pengguna minimal 18 tahun. 

4 Pasangan Zodiak Ini Dianggap Cocok Untuk Cinta Abadi, Siapa Saja Mereka?

Pada layanan kencan ini, jika kamu membuat profil, kamu akan diminta untuk menuliskan perkenalan singkat yang mewakili profil seperti apa teman kencan yang kamu inginkan.

Profil Facebook Dating ini melibatkan campuran foto dan kamu diharuskan menjawab pertanyaan Facebook. Untuk platform iOS, kamu akan diminta mengunggah 9 foto dan jawaban sedangkan di platform Android, kamu akan dimintai 12 foto dan pertanyaan. 

Foto profil kamu bisa diambil dari kamera perangkat mobile, unggahan di Facebook dan Instagram. 

Menariknya, pada layanan kencan Facebook Dating ini, kamu bisa berburu teman kencan dengan radius 100 kilometer. Saat kamu berada di lokasi terbaru, maka kamu harus memverifikasi lokasi anyar ke Facebook Dating. 

Bisa ketemu mantan

Selain itu, begitu masuk di Facebook Dating, platform ini memastikan tak akan mengajukan teman di Facebook sebagai teman kencan. Facebook hanya akan menyediakan teman dari teman kamu di Facebook atau pengguna yang sama sekali tak dikenal oleh kamu sebelumnya. 

Jika kamu memblokir seseorang di Facebook, orang yang diblokir ini dipastikan tidak akan masuk dalam daftar teman kencan. 

Nih ya, kalau kamu di Facebook tak berteman dengan mantanmu, maka sang mantan bisa muncul disarankan untuk menjadi teman kencan. 

Bedanya dengan aplikasi kencan seperti Tinder, kamu yang berburu teman kencan di Facebook Dating tak harus mencari basis pencocokan dengan teman kencan. 

Di Facebook Dating, kamu bisa mengirim pesan kepada siapapun yang kamu ingin berkencan. Kirim pesan tak menggunakan Facebook Messenger, tapi fitur chatting khusus.

Jika chatting kamu direspons oleh calon teman kencan, obrolan akan terbuka ada bagian terpisah dari fitur kencan pada Facebook Dating. Namun, pesan obrolan dengan teman kencan cuma terbatas pada teks dan emoji saja. Facebook tak menyediakan konten foto dan video pada pesan di Facebook Dating.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya