Mengintip Robot-robot di Balik Prabowo-Sandi dan Jokowi-Amin

Capres Jokowi Widodo dan capres Prabowo Subianto.
Capres Jokowi Widodo dan capres Prabowo Subianto.
Sumber :
  • REUTERS / /Willy Kurniawan

VIVA – Musim kampanye makin menambah volume percakapan media sosial. Kampanye ternyata malah makin menyuburkan dan menegaskan praktik penggunaan akun robot untuk mengarahkan opini publik. 

Analisis media sosial dari Drone Emprit yang dikembangkan pakar teknologi informasi Ismail Fahmi menunjukkan, ada robot yang beroperasi dibalik masing-masing kubu pasangan capres cawapres. 

Ismail mengatakan data dari analisis Drone Emprit dari percakapan dari kubu Prabowo-Sandi menunjukkan, akun robot ramai dan serentak menyebarkan postingan berjudul 'Survey membuktikan, Makin Banyak Rakyat Memilih Prabowo-Sandi' yang disertai dengan lampiran Prabowo dan Sandi bersama pendukungnya. 

Analisis Drone Emprit menemukan, praktik akun robot ini bukan hanya dilakukan oleh akun dengan follower yang sedikit saja (0-3 follower) tapi ternyata akun dengan jumlah ribuan follower juga terlibat dalam aksi robot. 

Data Drone Emprit dari percakapan kubu pasangan capres cawapres nomor urut 2 ini beroperasi secara serempak. 

"Dalam 50 twit terakhir (tgl 23) saja, kita langsung temukan setidaknya twit nomor 6 sd 16 yang memiliki ciri dilakukan oleh robot. Cirinya, semua berupa status baru, dengan isi status yang sama persis, dan gambar yang juga sama persis, serta dibuat pada waktu yang hampir bersamaan. Semua dibuat pada menit 11.43 am," tulis Ismail.