Marak Mazhab Post Truth, Simak Saran Penting Badan Siber

Propaganda dan era post thuth
Sumber :
  • Instagram/@shop_propaganda

VIVA – Saat ini fenomena Post Truth sedang melanda banyak masyarakat. Fenomena ini membuat masyarakat lebih percaya pada keyakinannya dan perasaan pribadi, dibandingkan fakta-fakta yang objektif.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Padahal, fakta objektif sebenarnya bisa didapatkan melalui media mainstream. Fenomena Post Truth makin menguat dengan munculnya situs berita yang validitasnya masih dipertanyakan.

Menanggapi hal ini, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengimbau masyarakat untuk mempercayai media mainstream. Ada beberapa alasan yang logis dan rasional untuk meyakini fakta yang disajikan media mainstrem. 

Pertamina Tambah 14,4 Juta Tabung LPG 3 Kg Penuhi Kebutuhan Lebaran 2024

"Media mainstream adalah media yang bisa dipercaya karena mereka menerapkan aspek kehati-hatian, pemberitaan yang berimbang, dan kode etik jurnalistik. Media mainstream juga diawasi langsung oleh Dewan Pers," ujar Juru Bicara BSSN, Anton Setiawan kepada VIVA, Senin 24 September 2018.

Jika masyarakat merasa ragu dengan informasi yang didapat, Anton menyarankan, mereka sebaiknya memeriksa informasi itu pada situs anti-hoaks dan pemeriksa fakta (fact checker). BSSN mengaku telah meliterasi digital kepada masyarakat terhadap fenomena tersebut. 

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

"Sebagai institusi pemerintah, BSSN merespons dinamika tersebut dengan melakukan edukasi kepada masyarakat melalui program kliks.bssn," ujarnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menggelar Halal Bihalal dengan jajarannya

Halalbihalal Lebaran Bersama Anak Buah, Irjen Sandi Beri Pesan Ini

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho memimpin apel sekaligus momen halalbihalal bersama jajaran Humas Polri usai pelaksanaan Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024