Jangan Kaget, Google Alami Perubahan Besar

Logo Google.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter

VIVA – Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-20, Google mengumumkan perubahan pada mesin pencariannya. Jadi jangan kaget, sebab kali ini mereka memoles ulang news feed pada versi mobile, dan menamakannya sebagai Discover.

3 Fakta Fitur Google Collections yang Mirip dengan Pinterest

Dilansir dari laman The Verge, Selasa 25 September 2018, news feed merupakan daftar yang muncul di bawah kolom pencarian pada aplikasi Google. 

Perubahan yang kentara yakni, sekarang Discover akan berada di homepage Google pada semua browser mobile. Polesan ulang ini akan menjadi perubahan besar bagi perusahaan untuk mengatur informasi. Selain itu juga menjadi sangat membantu bagi pengguna untuk mengerti konteks. 

Google Luncurkan Sejumlah Fitur Baru Search

Discover akan menunjukkan konten yang relevan. Jadi tidak hanya berita terbaru, tapi juga akan memiliki topik link yang dilihat pada news feed

Fitur ini juga akan mendukung item multibahasa pada news feed. Saat ini masih terbatas bahasa Inggris dan Spanyol, namun bahasa lainnya akan bisa diakses secepatnya. 

Sebentar Lagi, Google Lebih Akurat dan Cepat Kenali Lagu

Google juga menggunakan visi komputer untuk menambah pencarian menjadi lebih visual dengan format baru bernama Stories, yang berasal dari AMP standard. 

Perusahaan raksasa digital ini menyatakan, fitur Stories akan 'menggandakan' Stories pada pencarian, yang artinya akan ada lebih banyak pada beberapa bulan kemudian. Stories akan hadir sejajar pada pencarian, begitu juga featured video. Fitur terakhir akan menampilkan segmen penting saja pada setiap video. 

Google Image juga mengalami pembaruan. Akan ada peringkat algoritma dari pencarian image. Pencarian gambar akan menampilkan lebih banyak konten web pada pencarian, termasuk laman informasi yang spesifik pada hasil pencarian. 

Antarmuka baru Google akan hadir pada Kamis 27 September 2018. Google Stories juga akan ditambahkan pada Image Search. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya