Pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger Mundur dari Facebook

Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger, pendiri Instagram.
Sumber :
  • http://details.com

VIVA – Dua orang pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, secara resmi mengundurkan diri dari platform yang didirikannya pada 2010. Kepergian dua tokoh media sosial ini seperti menyusul pendiri WhatsApp, Jan Koum, yang lebih dahulu resign pada awal Mei tahun ini.

Anang Hermansyah Ulang Tahun, Aurel Beri Ucapan Haru Bikin Nangis

Mengutip situs Mashable, Selasa, 25 September 2018, Systrom sebelumnya menjabat sebagai kepala eksekutif dan Krieger mengisi posisi sebagai chief techical officer Instagram. Media sosial ini resmi dibeli Facebook pada 2012 senilai US$1 miliar atau Rp14,67 triliun dalam bentuk kombinasi uang dan saham.

Dalam blog Instagram-nya, Systrom mengaku kalau dirinya dan Krieger berencana 'meluangkan waktu untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu serta kreativitas lebih dalam lagi'. Meski begitu, tidak dijelaskan alasan pengunduran diri keduanya.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

"Mike dan saya bersyukur selama delapan tahun terakhir di Instagram dan enam tahun bersama tim Facebook. Kami telah berkembang dari 13 orang menjadi lebih dari 1.000 orang dengan kantor yang tersebar di seluruh dunia," kata Systrom.

Ia juga mengucap syukur karena produk yang dibangunnya ini sangat dicintai oleh komunitas dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. "Kini saatnya kami memulai babak baru. Membangun hal-hal baru serta memahami apa yang mengilhami kami dan mencocokkannya dengan apa yang dibutuhkan dunia," jelasnya.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Ini adalah gelombang terbaru dalam mundurnya para eksekutif di bawah Facebook akhir-akhir ini. Info terakhir adalah Chief Security Officer Facebook, Alex Stamos, yang mengumumkan pengunduran diri pada Maret 2018.

Jan Koum, pendiri WhatsApp, diketahui resign karena berseberangan dengan petinggi Facebook terkait mega skandal Cambdridge Analytica dan rencana Facebook memasukkan platform iklan ke WhatsApp.

Enam bulan sebelum Koum, pendiri WhatsApp lainnya, Brian Acton, meninggalkan Facebook dan bergabung dengan gerakan #DeleteFacebook.

Restrukturisasi organisasi pun dilakukan Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg menjadi tiga kelompok inti dalam produk dan rekayasa. Alhasil, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger di bawah kendali Chief Product Officer Facebook, Chris Cox.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya