6 Cara Agar Kamu Cepat Jadi Selebgram

Ilustrasi cara mengedit foto untuk Instagram
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan Instagram. Tapi, yakin deh, tak semua di antara mereka tahu bagaimana mem-posting konten yang menarik, seperti seorang profesional. Termasuk cara mengedit foto dan memilih filter.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Kali ini, kita membahas dari sisi teknis, bagaimana mengelola akun Instagram, agar konten di feed, jika tidak membuatmu cepat populer, minimal follower jadi betah kepo-in. Atau, kamu sedang membangun personal branding untuk meningkatkan karier, cara ini bisa dicoba.

VIVA Digital merangkum sederet trik dari berbagai sumber, yang bisa kamu praktikkan, seperti berikut ini.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit

1. Pilih-pilih fotomu
Poin ini tak bisa diabaikan, kalau tujuan kamu ingin menampilkan feed Instagram yang seperti seorang profesional. Maksudnya, selektif dengan konten yang memang layak naik dan sekiranya follower akan senang melihatnya.

Jadi, bukan memaksa mengunggah semua foto di setiap momen. Misalnya, ada 10 foto hasil bidikan selfie, di-upload semua. Cukup satu yang paling menarik, dan mewakili dirimu.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

2. Apa yang ingin ditonjolkan?
Saat traveling, biasanya ada banyak foto yang kita hasilkan, dengan berbagai sudut lokasi dan latar belakang.

Lagi-lagi ini menyangkut prinsip selektifitas. Bisa dimulai dengan pertanyaan sederhana pada diri sendiri: apa yang ingin saya tampilkan dengan foto ini?

Temukan fitur dan warna di setiap bidikan. Setelah itu putuskan, elemen apa yang akan difokuskan? Apakah tema pemandangan, interior, mode, dan lainnya.

3. Tetapkan satu (maksimal dua) filter
Fitur Instagram sendiri menyediakan banyak pilihan filter, dan ini cukup menggoda untuk kita coba semuanya.

Tapi hati-hati jebakan filter. Jika salah memilih, feed Instagram jadi tak sesuai cita-cita yang ingin like a pro.

Poin ini butuh intuisi estetika. Bagaimana 'mata artistik'-mu menemukan filter yang paling cocok dan sesuai dengan selera. Jika sudah ketemu, pakai terus dan usahakan jangan diganti-ganti.

4. Bereksperimen dengan angle
Aspek ini juga memerlukan kejelian dan intuisi seni. Pelajari cara membidik objek berdasarkan angle. Agak tricky memang, tapi ini bisa dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku fotografi.

5. Rencanakan
Kamu punya banyak koleksi foto yang layak unggah, tapi terjebak dengan masalah kapan waktu yang tepat untuk mengunggahnya. Ada aplikasi Preview dan Plann yang akan membantu.  Aplikasi ini juga akan memvisualisasikan feed dan kamu bisa bereksperimen dengan filter.

Ada fitur yang membantu menjaga tema foto tetap di mood atau nuansa yang sama. Jadi, tampilan feed akan seimbang secara estetis.

6. Hashtag
Jangan remehkan kekuatan hashtag, jika ingin konten menjangkau publik lebih luas. Tapi syaratnya, hashtag yang digunakan juga mesti relevan. Misalnya, foto traveling tak dicampur dengan hashtag makanan.

Hashtag juga membantu follower untuk menemukan akun kita. Satu lagi, jika sedang berada di suatu tempat, usahakan untuk check-in lokasi. Kecuali ada alasan yang membuatmu merasa tak aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya