BPPT: Sayang, Teknologi Belum Bisa Prediksi Kapan Gempa Terjadi

Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) BPPT, Hammam Riza
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Indonesia yang terletak di Cincin Api Pasifik membuatnya rawan terhadap bencana gempa bumi dan letusan gunung berapi. Gempa bumi yang terjadi di Lombok mengakibatkan 555 jiwa meninggal dan sebanyak 390.529 orang harus mengungsi. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) Badan Pengkajian Penerapan Teknologi, Hammam Riza mengatakan, teknologi harus berperan signifikan dalam upaya mengurangi risiko bencana gempa bumi. Pembangunan berkelanjutan memerlukan pemikiran seluruh aspek, dari penanggulangan sampai pemulihan setelah bencana. 

"Tidak mudah meramunya di dalam sebuah perencanaan pembangunan, namun kita akan tetap mengupayakan. Lalu sayangnya teknologi inovasi untuk prediksi kapan dan di mana terjadinya gempa, itu belum sampai sana," ujarnya dalam workshop di kantor BPPT, Kamis 27 September 2018.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Bencana alam hidrometeorologi mempunyai persentase besar di Tanah Air, sebanyak 76,3 persen yang telah terjadi, seperti banjir, gelombang ekstrem, pembakaran hutan, dan kekeringan. Sementara itu bencana alam geologis memiliki porsi 24,6 persen, seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung, hingga tanah longsor. 

"Kesuksesan infrastruktur, fasilitas sarana dan prasarana, bisa memberi gambaran upaya secara keseluruhan bagaimana pembangunan di negeri kita. Upaya tersebut harus bisa digalang melalui sinergi dengan berbagai sektor," ujarnya. 

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

BPPT melalui teknologi ingin melaksanakan kajian lebih lanjut bagaimana kesiapan terhadap gempa bumi, serta studi lebih dalam terhadap tsunami. Mereka sangat mungkin melakukannya dengan alat peraga, hanya saja belum bisa menjawab secara akurat. 

Perusahaan konstruksi, Adhi Karya ditugaskan untuk membangun 1.500 rumah sementara di Lombok, dimulai dari awal terjadinya gempa bumi sampai pekan awal Oktober. Mereka juga menganjurkan bangunan rumah sakit di Jakarta untuk melakukan evaluasi mengenai standar persyaratan gempa SNI 2013. (ren)

Google Maps di Android Auto

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Google menyiapkan fitur baru pada aplikasi Google Maps untuk para pemilik mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024