Pencipta 'World Wide Web' Bikin Internet Tandingan

Ilustrasi broadband dan internet.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Fotocitizen

VIVA – Pencipta world wide web, Tim Berners-Lee, akan membuat internet tandingan. Ia akan memulai proyek yang mengambil data personal dari perusahaan lalu memproteksinya untuk individual. Platform ini diberi nama Solid.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Mengutip situs News Max, Senin, 1 Oktober 2018, Solid nantinya akan mengkonsolidasi data personal online pengguna yang diberikan kepada perusahaan teknologi besar untuk diproteksi.

Proyek ini merupakan tempat penyimpanan data online. Solid akan membuat semacam POD atau personal data online. Setelahnya akan memberikan kontrol pada penggunan atas bagaimana dan di mana informasi pada bagian dalam internet.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

"Solid mengubah model saat ini di mana pengguna harus memberikan data personal kepada perusahaan digital sebagai pengganti nilai," kata Tim. Ia menambahkan jika ide internet tandingan ini belum menjadi 'kepentingan yang terbaik'.

Meski begitu, Tim telah berekspektasi akan ada pertarungan dengan perusahaan teknologi besar. Penyebabnya apalagi kalau bukan soal pendanaan dan juga membuatnya menjadi open-sources.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

"Kita tidak berbicara dengan Facebook dan Google mengenai apakah ya atau tidak untuk mengenalkan perubahan ini, di mana semua model bisnis mereka benar-benar mengubah segalanya dalam semalam," katanya.

Tim juga menegaskan kalau dirinya tidak meminta izin kepada perusahaan tersebut. Ia merupakan pencipta world wide web dan memberikan akses ke penggunanya untuk memakai internet secara gratis.

Kemenkominfo mengadakan Talkshow

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in “Etika Pelajar di Dunia Digital” dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024