Detail Banget, Citra Satelit Wilayah Palu Sebelum dan Setelah Gempa

Citra satelit DigitalGlobe Teluk Palu usai dilanda gempa dan tsunami
Sumber :
  • Twitter/@DigitalGlobe

VIVA – Gempa Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah menjadi perhatian dunia, termasuk mendapatkan pengamatan dari perusahaan citra satelit DigitalGlobe. Perusahaan ini merilis citra detail wilayah terdampak sebelum dan setelah terjadinya gempa dan tsunami

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

DigitalGlobe juga mengaktifkan Open Data Program untuk bencana gempa bumi dan tsunami Indonesia. Data ini dapat dipakai untuk menganalisis area terdampak. 

Dikutip dari Space, Kamis 4 Oktober 2018, DigitalGlobe dalam pernyataannya menyebutkan, citra satelit tentang gempa dan tsunami di Indonesia itu terlisensi dalam Creative Commons. Artinya, citra tersebut dengan cepat telah terintegrasi dengan organisasi seputar kebencanaan dan kemanusiaan, di antaranya lembaga palang merah dan lainnya.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

DigitalGlobe saat ini memang baru merilis beberapa citra saja dari daerah terdampak bencana tersebut. Namun perusahaan berjanji citra yang lebih lengkap akan hadir menyusul. 

"Kami akan merilis data secara luas area terdampak untuk mendukung tanggap bencana begitu data itu tersedia," kata perwakilan perusahaan dalam keterangannya.

Kemendagri Dorong Pemda Terdampak Bencana Pangan Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat

Beberapa citra satelit dengan gambar detail yang dirilis DigitalGlobe yakni area dekat Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie yang terkena likuifaksi sampai Jembatan Teluk Palu. Ada juga citra satelit dari antrean mengular dan menyemut kendaraan bermotor untuk mendapatkan BBM.

Ilustrasi serangan hacker atau siber.

Informasi Sistem Penggajian Departemen Pertahanan Inggris Diretas

Beberapa informasi pribadi dalam sistem penggajian yang digunakan oleh departemen pertahanan Inggris diretas, pada Senin, 6 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024