Format Video Vertikal YouTube Masih Digunakan untuk Durasi Pendek

Fitur menarik di YouTube.
Sumber :
  • Flickr/Rego Korosi

VIVA – Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria mengatakan, mayoritas video format vertikal atau potrait di YouTube maksimal berdurasi 10 menit. Ini menjadi format baru yang ditampilkan platform berbagi video milik Google tersebut.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

"Biasanya vertikal sifatnya short atau durasinya pendek-pendek. Kalau nonton lebih enak yang formatnya horizontal," kata dia di Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018. Tetapi Fibriyani menyatakan kalau YouTube mencoba mewadahi perubahan di dunia digital, termasuk kebiasaan pengguna menonton video.

Ia menuturkan tampilan video vertikal menjadi pilihan masing-masing pembuat konten di YouTube. Namun, Fibriyani mengaku belum ada indikasi format mana yang lebih disukai pengguna.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

"Tapi mengingat sekarang perkembangan dunia digital dan kebiasaan orang yang mulai berkembang, kita coba mewadahi karena harus mengikuti perkembangan," jelasnya. Lebih lanjut Fibriyani menambahkan kalau dirinya tidak mau berspekulasi tentang pengembangan format video ini.

Namun, sejauh ini, YouTube hanya ingin melihat kebutuhan pengguna dan berupaya bisa memenuhinya. Selain YouTube, Instagram juga menyediakan format vertikal bagi tampilan video di fitur Instagram Story dan Instagram TV atau IGTV untuk durasi yang lebih panjang.

Sebut Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi, Pemain PSBS Biak M Tahir Diserang Netizen

Melihat hal itu, Fibriyani memandang mereka memberikan banyak pilihan bagi pembuat konten dan hal-hal yang disukai pengguna. "Tapi yang jelas semuanya akan kembali ke pengguna. Mereka sukanya apa. Kita harus gali lebih dalam, kenapa sih kayak gitu. Akhirnya, pertanyaan yang balik ke kita adalah so, what can we do," ungkap Fibriyani.

Pendeta Gilbert Lumoindong

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Masyarakat Indonesia sedang ramai diperbincangkan oleh tindakan yang dilakukan oleh anak Pendeta Gilbert, Garren Lumiondong, yang diduga meminta uang anggota jemaatnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024