Roket Ariane 6 Akan Diluncurkan, Ini Keunggulannya

Roket Ariane 6.
Sumber :
  • Dok. YouTube

VIVA – Managing Director and Head of Sales Arianespace Singapore and ASEAN Office, Vivian Quenet, mengaku sedang melakukan pengembangan roket terbaru Ariane 6 yang rencananya akan diluncurkan pada 2020.

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Ia mengatakan jika pihaknya berencana melakukan 59 peluncuran roket di masa depan, di antaranya Ariane 6 sebanyak lima roket.

"Ariane 6 punya keunggulan dibanding roket sebelumnya. Roket ini bisa menjadi lebih efisien dalam hal produksi. Selain itu roket ini akan menggunakan roket pendorong Black Upper Stage yang berteknologi Re-ignitable. Ariane 6 juga mampu menampung beban hingga 10,5 ton menuju orbit," kata Vivian di Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Black Upper Stage, ia melanjutkan, diketahui masih menggunakan bahan logam. Namun ke depannya bakal menggunakan material komposit fiber.

Pertemuan Dewan ESA (European Space Agency) pada Juni 2018 mengkonfirmasi pendanaan untuk transisi dari Ariane 5 ke Ariane 6. Mereka juga melakukan penandatanganan kontrak untuk tiga roket Ariane 6.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Penyedia jasa peluncuran satelit ini turut hadir dalam acara World Satellite Business Week (WSWB) pada pertengahan September lalu.

Mereka juga turut mengumumkan tiga kontrak terkait Ariane 6 yakni Eutelset, Badan Luar Angkasa Perancis (CNES), dan agensi DGA Prancis untuk CSO-3.

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan, Smelter di Gresik, Jawa Timur, siap beroperasi pada Juni 2024. Sedangkan, target mulai produksi pada Agustus dengan kapasitas 50%

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024