Netflix Paling Banyak 'Makan' Bandwidth, Kalahkan YouTube

Ilustrasi digital streaming video.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Layanan digital streaming video, film dan acara TV, Netflix, menguasai 15 persen lalu lintas internet global. Hal ini diungkapkan oleh laporan Global Internet Phenomena Report yang diterbitkan oleh lembaga manajemen bandwidth, Sandvine.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

Mengutip Mashable, Senin, 8 Oktober 2018, saat ini layanan streaming video menguasai 58 persen data jaringan internet di seluruh dunia. Kompetitor Netflix, video-video yang disematkan langsung ke sebuah situs atau website, http://, berada urutan kedua yang memakan data internet sebesar 13,1 persen.

Adapun YouTube, platform berbagi video gratis milik Google, bertengger di urutan ketiga dengan torehan 11,4 persen data jaringan internet di seluruh dunia. Sandvine juga memperlihatkan bahwa penelusuran internet memakan jaringan internet dunia sebesar 17 persen.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemudian, diikuti oleh para gamer di angka 7,8 persen, serta 5,1 persen jaringan internet dunia termakan oleh para pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Vice President of Solutions Marketing Sandvine, Cam Cullen mengatakan, yang paling mengejutkan adalah Netflix mampu mendominasi lebih banyak lagi data internet jika pengguna tidak berhati-hati dalam mengoptimalkan konten.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

"Kalau pengguna cuek dan tidak hati-hati nonton video streaming, maka Netflix akan menyedot lebih banyak bandwidth. Mereka bisa dengan mudah menyedot hingga tiga kali lipat volume dari yang sekarang," kata Cullen. Ia lalu memberikan studi kasus film Hot Fuzz di beberapa layanan streaming.

Menurutnya, size atau ukuran file untuk film berdurasi dua jam ini saat mengunduh melalui iTunes berkisar dari 1,86GB untuk definisi standar hingga 4,6GB untuk definisi tinggi. Di Amazon Prime, Cullen melanjutkan, film dengan durasi jam yang sama hanya memakan kuota sekitar 1,5GB. Namun, film berdurasi 120 menit di Netflix hanya membutuhkan 459MB saja.

Ia menyebut jika Netflix mengambil begitu banyak lalu lintas web, seperti tidak masuk akal. Tapi, pada jam tayang tertinggi di seluruh Amerika Serikat, Netflix bisa mencapai 40 persen dari lalu lintas internet di negara tersebut. "Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan saat mengaktifkan streaming media player film favorit di Netflix," jelas Cullen.

Selanjutnya, dan apa yang disebut Sandvine sebagai 'yang lebih menakutkan', adalah bahwa efek konten 4K saat ini yang makin meningkat gara-gara tersedia di Netflix. Efek ini makin banyak pengguna ingin menikmati video streaming di layar lebar di rumah sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya