Jack Ma: Kunci Jadi Negara Maju, Internet dan Usaha Kecil Menengah

Jack Ma.
Sumber :
  • www.alizila.com

VIVA – Pendiri kerajaan e-commerce Alibaba, Jack Ma, menegaskan, faktor kunci bagi negara-negara berkembang untuk bertransformasi menjadi negara maju adalah dengan terus mengembangkan infrastruktur internet, dan merangkul usaha-usaha kecil menengah.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Hal itu disampaikannya saat berbincang dengan Presiden Bank Dunia, Kim Yong Jim, dalam acara seminar How Digital Platform and Innovation are Changing the Future of Development Nations, di Nusa Dua, Bali, Jumat, 12 Oktober 2018.

"Yang paling penting adalah infrastruktur internet. 30 tahun lalu, jika tidak ada listrik, maka tidak ada harapan bagi sebuah negara, tidak ada harapan untuk era tersebut," katanya.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Saat ini jika di suatu negara tidak ada koneksi internet, maka negara tersebut tidak akan ada harapan. Karena Anda menghambat masyarakat anda untuk memperoleh informasi," tambah dia.

Dia pun menjelaskan, kecepatan internet tidak perlu menjadi persoalan bagi pemerintah untuk membangun infrastruktur internet. Karena jika infrastruktur telah terbangun, maka masyarakat dengan mandiri mampu melakukan inovasi dan meluncurkan ide-ide untuk mengembangkannya lebih jauh.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Karenanya tidak ada alasan untuk menentang hal itu. Tapi jangan dicemaskan soal kecepatan internetnya, 24 tahun yang lalu saat saya merancang bisnis internet di China, itu membutuhkan tiga jam setengah untuk mendownload setengah gambar saja," tegasnya.

Di samping itu, terkait kewajiban pemerintah untuk mendorong pengusaha kecil dan menengah untuk maju, Ma menegaskan, hal itu dikarenakan usaha kecil dan menengah merupakan sektor bisnis yang dapat menopang perekonomian domestik dengan sangat baik. Sektor usaha kecil menengah memiliki ketahanan yang kuat terhadap perubahan-perubahan iklim usaha.

"Saya pikir yang perusahaan saya harus fokus lakukan adalah membantu perusahaan-perusahaan kecil saja. Dorong entrepreneurship, karena bukan pemerintah yang menciptakan bisnis atau usaha, itu adalah kerjaannya seorang entrepreneur. Mereka memiliki ide dan mimpi, jadi dorong mereka berkembang," ungkap Ma.

Meski kedua hal tersebut memerlukan waktu jangka panjang untuk membuahkan hasil, namun Ma mengatakan pemerintah harus percaya untuk menginvestasikan modalnya di sektor tersebut. Sebagaimana dia percaya untuk fokus mengerjakan usaha, di saat orang-orang tidak memercayai hal itu.

"Jadi inilah revolusi negara maju. Kalau Anda ingin kaya, Andalah yang harus melakukannya. Jalannya memang panjang, dan harus percaya bahwa hal itu bisa dijalankan," kata Jack Ma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya