Dubai Punya Taksi Otonom, Ga Pakai Supir

Taksi tanpa pengemudi di Dubai
Sumber :
  • Instagram Digirobotic

VIVA – Dubai mulai melakukan uji coba taksi tanpa pengemudi (self-driving), pada Minggu, 14 Oktober 2018. Uji coba itu diluncurkan pada acara pameran perdagangan elektronik konsumen tahunan, Gitex, di Dubai World Trade Centre.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Layanan percobaan kendaraan yang diinisiasi Dubai Roads and Transport Authority (RTA) itu, akan berlangsung selama tiga bulan, di beberapa bagian kota Dubai. Demikian seperti diwartakan laman Mashable, Senin, 15 Oktober 2018.

Taksi otonom tersebut akan mengantarkan pengguna ke berbagai tujuan di dalam kota, misalnya pusat perbelanjaan, bioskop. Menurut RTA, mobil tipe sedan itu muat empat penumpang.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Dalam materi promosi, yang ditayangkan di akun Instagram Digirobotics, tampak model seorang pria dijemput taksi otonom. Di kursi depan mobil, tak terlihat siapa pun, termasuk sopir, sebagaimana lazimnya taksi konvensional, yang duduk mengendalikan kemudi.

Namun, dalam keterangan disebutkan, jika diperlukan karena alasan keselamatan, penumpang bisa mengambil alih setir mobil. Taksi otonom ini hasil modifikasi Mercedes-Benz, yang dilengkapi kamera, sensor, dan sistem LiDAR.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Dalam laporan tak disebutkan bagaimana sistem pemesanan taksi otonom. Bisa jadi prosedurnya akan menggunakan aplikasi. Karena terlihat model mengakses ponselnya dan membuka aplikasi, sesaat sebelum menghampiri kendaraan.

Perilisan layanan taksi tanpa pengemudi itu merupakan wujud kontribusi RTA dalam misi mengubah Dubai menjadi kota terpintar di dunia.

Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024