Gara-gara Iklan Horor, Spotify Diprotes

Spotify
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Layanan musik streaming, Spotify, mendapat teguran dari otoritas standar periklanan (ASA) karena menampilkan iklan film horor. Pasalnya, setiap pengguna yang memainkan lagu Camila Cabello yang berjudul Havana, akan mendapat iklan tersebut.

Deretan Film Internasional Ini Resmi Tayang di Indonesia, Ada Peraih Penghargaan Bergengsi

Dikutip melalui situs Mirror, Kamis, 18 Oktober 2018, iklan tersebut mempunyai tagline 'lagu pembunuh yang tidak dapat Anda tolak', menunjukkan boneka hantu yang menyeramkan. Pengguna mau tak mau harus menyaksikan rute menakutkan ini untuk tetap dapat menggunakan Spotify, yang tanpa berbayar.

Saat ini iklan tersebut telah dilarang ASA karena efeknya dapat menyebabkan penderitaan bagi anak yang melihatnya. Mereka juga mengeluhkan klip itu yang saat ini beredar luas di YouTube. Karena berpotensi menyebabkan remaja dapat mencari dan melihatnya dengan mudah.

Ekspansi Bisnis, Bos MD Pictures Jual Saham FILM Raup Rp 1,25 Triliun

"Fakta bahwa iklan itu dipasang di dalam rumah, termasuk di tempat tidur dan juga terdapat boneka. Artinya sangat mungkin menyebabkan penderitaan bagi anak-anak yang melihatnya," jelas ASA.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Kini Spotify sudah menghapus iklan tersebut. Sebab, gaya film horor untuk menakuti anak-anak memang dilarang. Dalam sebuah pernyataan mereka mengakui keputusan ASA, dan menyesal mengenai iklan yang banyak mendapat komplain itu.

"Kami ingin serius mengemban tanggung jawab sebagai pemasar. Kami juga akan memerhatikan panduan ASA mengenai penargetan kampanye iklan yang efektif dan tepat," katanya. (ase)

Herjuniot Ali

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Lebih lanjut, Herjunot Ali menuturkan bahwa menjadi seorang DJ memberinya sensasi yang berbeda dibandingkan dengan akting. 

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024