YouTube Dicibir Diskriminatif soal 'Mati Semua Yahudi'

YouTuber Felix Kjellberg atau PewDiePie
Sumber :
  • Instagram/@PewDiePie

VIVA – YouTuber kontroversial, Felix Kjellberg atau yang dikenal sebagai PewDiePie frustasi dan kecewa dengan hukuman YouTuber Logan Paul yang terlalu ringan. PewDiePie yang merupakan YouTuber terkaya itu menuduh YouTube tidak adil dalam menangani masalah antara dirinya dengan Paul. 

Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

YouTube tetap merilis film yang dibintangi Logan Paul The Thinning: New World Order dalam layanan YouTube Premium. Namun hal yang sama tidak terjadi dengan serial Scare yang dibuat PewDiePie. 

"Sangat luar biasa bagaimana perusahaan miliaran dolar bisa sangat tidak kompeten pada kepemimpinan. Jika Anda mau serius, Anda harus melakukan peraturan yang sama pada semua orang," ujar Kjellberg, dilansir laman Business Insider, Rabu 24 Oktober 2018. 

Film Now You See Me 3 Sedang Digarap, Bakal Ada Wajah Baru yang Bergabung!

Dia menuduh YouTube menghukumnya lebih keras dari Paul, padahal kesalahan yang dibuat hampir sama. 

Kjellberg terkena masalah karena serangkaian video yang dibuat tentang candaan antiyahudi atau termasuk citra Nazi. Salah satu video yang diunggah tahun lalu memperlihatkan dia membayar dua pria untuk memegang tulisan 'Mati untuk Semua Yahudi'.

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

Atas masalah itu YouTube membatalkan musim kedua serial PewDiePie. Selain itu, YouTube memutuskan hubungan bisnis dengan PewDiePie. 

Sementara hal itu tak terjadi pada Logan. Pada awal 2018, Logan Paul membuat video di daerah yang terkenal sebagai hutan bunuh diri di Jepang. Salah satunya memperlihatkan seorang pria yang gantung diri pada pohon. Video tersebut saat ini sudah dihapus. 

Salah satu yang dilakukan YouTube saat itu adalah menunda perilisan film Paul. Namun 10 bulan kemudian, film tersebut tetap dirilis. 

YouTube menyatakan, film itu dirilis karena bukan hanya proyek Paul, namun ada tim produksi yang dipekerjakan termasuk casting dan kru lainnya. 

"Ini adil untuk semua (cast dan crew) dan fan yang telah meminta sekuel, kami memutuskan untuk rilis The Thinning: New World Order," kata YouTube dalam pernyataannya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya