Jangan Klik Pesan Makeup Ini di WhatsApp

Logo WhatsApp
Sumber :
  • www.whatsappbrand.com

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp saat ini sedang dibanjiri pesan scam atau penipuan. Kamu mesti hati-hati jika menemukan pesan berantai di WhatsApp yang menawarkan pengguna makeup Lancome gratis. Sebab alih-alih mendapatkan makeup gratis, malah kamu bisa tertipu.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Pesan penipuan itu berbunyi, 'Hei, apakah kamu pernah melihat ini? Lancome memberikan 1000 Beauty Box untuk merayakan situs web barunya,'

Pesan makeup gratis itu menyebutkan, tawaran tersebut terbatas dan meminta penerima pesan untuk mengklaim miliknya secepat mungkin. 

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Nantinya pada bagian bawah terdapat link yang akan mengantar pengguna ke situs web palsu produk kosmetik tersebut. 

Dikutip melalui laman Mirror, Kamis 25 Oktober 2018, seorang pengguna Twitter, Owen Williams pertama kali melihatnya di platform tersebut, lalu dia memberitahu pengguna yang lainnya untuk tidak tertipu. 

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

"Jika kamu mendapatkan salah satu dari ini di WhatsApp, jangan klik. Jangan dibagikan. Itu scam. Jangan sampai tertipu seperti beberapa kerabat saya," posting Williams di akun Twitternya.

Williams mengingatkan, ada beberapa tanda yang mengisyaratkan pesan makeup di WhatsApp itu adalah palsu. Misalnya adalah terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan. Apabila kamu salah satu yang menerima pesan tersebut, cukup menghapusnya dan beritahu pengirim bahwa itu adalah penipuan. 

WhatsApp juga memiliki beberapa tips saat kamu mendapat pesan scam. Pertama hapus pesan dan jangan klik tautan atau memberi informasi pribadi. Lalu beri tahu kontak yang menyebarkan pesan bahwa pesan itu adalah spam dan arahkan mereka ke halaman keamanan WhatsApp. 

"Kamu juga dapat mengirim laporan spam ke WhatsApp dengan menghubungi kami dari dalam aplikasi," ujar WhatsApp. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya