3 YouTuber Terkenal Putuskan Pensiun, Ada Apa?

YouTuber PewDiePie bersama pasangannya, Marzia Bisognin
Sumber :
  • Instagram/@itsmarziapie

VIVA – Akhir-akhir ini ada beberapa fenomena dan tren YouTuber yang memutuskan untuk pensiun berkarya dari YouTube. Berbagai macam alasan mereka ungkapkan, mulai dari ingin menemukan sesuatu yang baru, depresi atau karena banyaknya perundungan daring yang mereka terima.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Dikutip melalui berbagai sumber, terdapat tiga YouTuber yang memutuskan mundur dari platform video milik Google tersebut :

Marzia Bisognin

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Kekasih dari YouTuber terkenal PewDiePie ini meninggalkan YouTube setelah memiliki banyak pertimbangan dan introspeksi diri. Ia mengatakan ingin mencoba hal baru. Meninggalkan platform yang sudah membesarkan namanya sebenarnya sudah direncanakan cukup lama, namun Bisognin baru menemukan titik untuk mewujudkan hal tersebut.

Marzia banyak membuat konten di YouTube, mulai dari makeup, fesyen sampai vlog pribadi. Ia telah memiliki 7,4 juta subscriber. Namun akibatnya, dia menjadi tenggelam dengan dunianya sendiri dan terputus dengan dunia luar. Dia ingin membuat sesuatu yang lain.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Reza Arap

Dari YouTuber asal Tanah Air, ada nama Reza Oktovian atau dikenal Reza Arap. YouTuber game ini sudah dikenal di kalangan pecinta game.

Sejak tahun 2011 pria 27 tahun ini aktif mengisi konten YouTube. Namun setelah tujuh tahun aktif, tiba-tiba saja Reza membuat keputusan mengejutkan. 

Pria yang pernah menjadi kasir di sebuah warnet ini memutuskan untuk menghapus akun YouTube miliknya yang telah memiliki 2,4 juta subscriber. Hal tersebut disampaikan Reza lewat Insta Story miliknya, 10 September 2018. Saluran YouTube-nya disumbangkan ke Yayasan Kanker bernama Rumah Anyo.

Reza Oktovian atau Reza Arap, Youtuber games

Jaclyn Hill

YouTuber lainnya yang pensiun yakni YouTuber kecantikan terkenal Jaclyn Hill. Setelah Hill berkolaborasi dengan Morphe, dia mendapat banyak kritik dan mengatakan di Snapchat bahwa akan berhenti menjadi seorang YouTuber padahal dia memiliki 5 juta subscriber. Selalu dipandang rendah membuat Hill kehilangan kesenangan, kreativitas, motivasi dan semangat untuk melakukan apa yang diinginkan. 

"Saya selalu mengatakan jika YouTube tidak menyenangkan, maka saya tidak akan melakukannya. Ada jalan lain di luar sana bagi saya untuk mendapatkan penghasilan. Saya tidak akan melakukan sesuatu yang kalian tidak suka dan saya tidak suka. Apakah Anda tahu apa yang saya katakan? Saya hanya tidak ingin mengecewakan kalian," katanya dikutip dari laman Cosmopolitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya