Astronom: 2 Satelit di Galaksi Bima Sakti Pernah Tabrakan

Ilustrasi Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • Pixabay/Derwiki

VIVA – Para astronom dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, menemukan dua satelit dari Galaksi Bima Sakti pernah bertabrakan pada zaman dahulu. Kedua satelit itu bernama Small Magellanic Cloud (SMC) dan Large Magellanic Cloud (LMC).

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Astronom Sally Oey mengaku telah bekerja dengan tim dari Badan Antariksa Eropa atau European Space Agency (EAS) untuk memantau bintang yang dikeluarkan SMC.

Ia mengaku menggunakan teleskop yang baru, Gaia, yang baru saja diluncurkan EAS. Teleskop ini memantau bintang tersebut dengan mengambil gambar selama beberapa tahun.

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

"Kami telah mencari bintang panas muda dan besar. Dan, yang paling panas bercahaya biasanya sangat jarang," kata Oey, seperti dilansir dari BGR, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Oey meneliti bintang tersebut untuk memahami lebih baik tentang mekanisme dan kejadian tersebut. Salah satunya bintang yang dinyatakan sebagai Binary Supernova Scenario, dan melibatkan satu bintang pasang yang meledak sebagai Supernova, serta menembak bintang lainnya layaknya ketapel.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Astronom Johny Dorigo Jones menambahkan semua orang menyukai gambar galaksi dan Nebula yang sangat jauh. Namun sebenarnya SMC yang sangat dekat dengan Bumi.

"Bagaimana pun kita bisa melihat keindahan di langit malam dengan mata telanjang. Fakta ini, tentu diperkuat dengan data dari Gaia, membuat kita penasaran untuk menganalisis gerakan kompleks bintang di SMC dan menentukan faktor evolusi," tutur Jones.

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024