Apple dan Qualcomm Ribut Gara-gara Duit Royalti

Gedung Qualcomm.
Sumber :

VIVA – Dua raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple dan Qualcomm, 'berperang' di Pengadilan Federal San Diego. Keduanya memperebutkan royalti, lantaran Apple tidak membayarnya ke Qualcomm.

Tren Investasi sektor Industri Terus Naik, Sinergi Kebijakan Instansi Pemerintah Jadi Sorotan

Dilansir dari Phone Arena, Senin, 29 Oktober 2018, Qualcomm mengklaim Apple berutang kepada mereka sebesar US$7 miliar atau sekitar Rp106 triliun untuk pembayaran royalti.

Sedangkan, Apple menuduh desainer chipset itu gagal untuk membuat lisensi standar hak patennya dengan adil, wajar, serta tidak diskriminasi. Standar tersebut, menurut Apple, adalah sesuatu yang umum dalam industri.

Viral Starling Ketabrak Mobil Gagal Drift di Pondok Indah, Polisi Ungkap Faktanya

"Semuanya merupakan paten yang harus dijalan untuk memenuhi standar industri," demikian keterangan dari Apple. Bukan hanya itu, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini juga membantah tuduhan Qualcomm bahwa mereka belum membayar royalti.

Mereka juga mengklaim bahwa royalti ditagih dua kali untuk paten yang sama. Apple mengatakan bahwa Qualcomm menagihnya karena menggunakan chip atau prosesor di dalam model iPhone beberapa tahun lalu.

HGBT Industri Genjot Penerimaan Negara hingga Investasi, Begini Penjelasanya

"Dan, kami lagi-lagi melalui royalti paten," jelas Apple. Akibat dari masalah ini, Apple dan Qualcomm masih berperang. Apple kemudian memakai prosesor milik Intel sebagai alasan untuk beralih dari chipset milik Qualcomm.

  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah siap memberikan fasilitas insentif untuk menarik investasi Apple di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024