Parasut Buatan NASA Siap Mendarat di Mars 2020

Planet Mars.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Aynur_zakirov

VIVA – NASA melakukan uji coba parasut baru untuk pendaratan ke planet Mars di masa mendatang. Ini bukan sembarang parasut. Materialnya mengandung massa serat nilon, Technora dan Kevlar. Menurut laman Scitechdaily, 29 Oktober 2018, proyek ini dijalankan pada 7 September 2018 dalam misi proyek ASPIRE NASA.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sebelumnya, dua parasut yang berbeda dievaluasi selama proyek ASPIRE. Uji penerbangan pertama mengusung salinan persis dari parasut yang digunakan untuk mendaratkan Mars Science Laboratory NASA, dan sukses mencapai Planet Merah pada tahun 2012.

Tes kedua dan ketiga membawa peluncuran dimensi serupa tetapi ditingkatkan dengan material dan jahitan yang lebih kuat.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Pada 3 Oktober, manajemen misi Mars 2020 NASA dan anggota Tim Entry, Descent, dan Landing bertemu di JPL di Pasadena, California. Mereka memutuskan bahwa parasut yang diperkuat telah lulus tes dan siap untuk debut Mars.

"Mars 2020 akan membawa muatan terberat ke permukaan Mars, dan seperti semua misi Mars kami sebelumnya, kami hanya memiliki satu parasut dan itu harus bekerja," kata John McNamee, manajer proyek Mars 2020 di JPL.

Saham Bumi Resources Meroket Usai Umumkan Rencana Kuasi Reorganisasi, Ini Penjelasan Manajemen

“Tes ASPIRE telah menunjukkan dengan sangat rinci bagaimana parasut kita akan bereaksi ketika pertama kali digunakan dalam aliran supersonik yang tinggi di atas Mars. Dan biarkan aku memberitahumu, itu terlihat cantik.”

Beban 67.000 pon (37.000 kilogram) adalah yang terberat untuk parasut supersonik. Ia memuat 85 persen lebih banyak dari apa yang diharapkan para ilmuwan parasut Mars 2020.

"Atmosfer Bumi di dekat permukaan jauh lebih padat daripada di dekat permukaan Mars, sekitar 100 kali," kata Ian Clark, pimpinan teknis tes dari JPL.

Dengan tes ASPIRE selesai, upaya Clark dan rekan-rekannya akan terfokus pada bagian bawah stratosfer untuk saat ini.

"Kami semua tentang membantu 2020 tetap pendaratannya 28 bulan dari sekarang," kata Clark. "Saya mungkin tidak dapat menembakkan roket ke tepi angkasa untuk sementara waktu, tetapi ketika tiba di Mars dengan aman, selalu ada tantangan yang menarik untuk dikerjakan di sini."

Serial pengujian parasut proyek Mars 2020, ASPIRE, dikelola oleh JPL, dengan dukungan dari Langley Research Center NASA di Hampton, Virginia, dan NASA Ames Research Center di Mountain View, California, untuk Direktorat Misi Sains Luar Angkasa NASA. Uji coba kali ini merupakan proyek ASPIRE NASA yang ketiga kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya