BPPT Usulkan Perluasan Area Pencarian Bagian Black Box CVR

BPPT.
Sumber :
  • Dok. BPPT

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi bersama Tim SAR Gabungan terus menelusuri area koordinat terkait dugaan keberadaan kotak hitam atau black box milik pesawat Lion Air JT 610.

Tersisa Ekor Pesawat SAM Air Tersangkut di Pohon, Black Box Masih Misteri

Memasuki hari ke-5, Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT, Hammam Riza bersama Tim Kapal Baruna Jaya I, Tim KNKT Indonesia, Singapura dan Amerika Serikat, serta Tim Boeing, melakukan pencarian CVR dengan Pinger Locator yang disokong perahu karet atau rubber boat.

"Tim sudah kembali dan hasilnya nihil. Sebab, CVR sudah tidak lagi mengirim sinyal atau ping ke alat Pinger Locator. Asumsi kami, mungkin, CVR dan Beacon-nya masuk ke dalam lumpur dan tertutup reruntuhan pesawat yang lebar, sehingga tak dapat mengirim secara vertikal atau omni sebagaimana FDR," ungkap Hammam, dalam keterangannya, Sabtu, 3 November 2018.

Eks Presiden ACT Ahyudin Minta Maaf ke Donatur hingga Ahli Waris Korban Lion Air JT 610

Ia mengatakan, hasil video divers akan dievaluasi untuk seleksi serpihan yang harus menjadi perhatian divers. Menurutnya Beacon dapat merilis gelombang akustik ke Ping Locator dan Transponder. Apabila peralatan transponder tidak lagi menerima respons dari Beacon CVR, maka akan dicari ke area lainnya.

"Jika USBL Transponder di Kapal Baruna Jaya I enggak mendapatkan sinyal, maka kami sarankan untuk melakukan pencarian di luar area prioritas saat ini." 

Benda Diduga Black Box Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle Ditemukan
Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Sebelumnya dikabarkan pesawat Smart Aviation tujuan Tarakan-Binuang hilang kontak dan terjatuh di Kabupaten Nunukan.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024