Jack Ma Sebut Perang Dagang Adalah Hal Bodoh

Pendiri Alibaba, Jack Ma
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa

VIVA – Bos e-commerce Alibaba, Jack Ma, menyebut perang dagang antara Amerika Serikat dan China, merupakan hal bodoh. "Perang dagang adalah hal yang paling bodoh di dunia ini," kata Jack Ma pada Senin, 5 November 2018, di International Import Expo di Shanghai, sebagaimana dikutip dari laman Time.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Jack Ma berpendapat, tujuan perdagangan haruslah untuk mendorong perdamaian dan komunikasi. Bukan justru menimbulkan konflik dan proteksionisme salah arah. "Tidak ada yang bisa menghentikan perdagangan bebas," katanya.

Ucapan Jack Ma itu dilontarkan beberapa jam setelah pertemuan Presiden China Xi Jinping dengan Trump. Jack Ma mengecam paham yang menganut "Winner Takes All" (Pemenang mengambil semua) dalam skema perdagangan internasional.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Sebelumnya, Amerika Serikat dan China telah memberlakukan tarif baru yang cukup berat di sektor ekspor tahun ini. Pemerintah AS menuduh China mencuri kekayaan intelektual Amerika dan memaksa perusahaan AS untuk ‘menyerahkan’ teknologi berharga.

Di samping itu, Presiden AS, Donald Trump, juga berulang kali mengeluhkan defisit negaranya sebesar $375 miliar dalam perdagangan barang dengan China. Sebagai imbasnya, Donald Trump  mengerahkan tekanan pada negara Asia untuk mengambil kembali surplus perdagangan senilai 423 miliar dolar dengan dunia.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

International Import Expo ini diselenggarakan oleh pemerintah China untuk mempromosikan negara sebagai pasar impor dari negara lain. Investor berharap pertemuan yang direncanakan antara Trump dan Xi pada KTT G20 di Argentina akhir bulan ini akan membantu meredakan ketegangan perdagangan.

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024