Internet of Things Masuk Industri Kesehatan, Apa Dampaknya?

T-system solusi internet of Things untuk industri kesehatan
Sumber :
  • Dokumen T-systems

VIVA – Industri kesehatan tengah memasuki gelombang ketiga dalam evolusi teknologi informasi digital. Dampak baiknya semakin banyak organisasi kesehatan yang menggunakan teknologi, sehingga penyampaian informasi juga diketahui lebih efisien.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

Sebagai integrator dalam industri ini, T-Systems membuka kantor baru di Indonesia untuk mempercepat pengadopsian sistem dan solusi kesehatan secara digital.

Managing Director T-Systems South of Asia, Arkadiusz Czopor mengatakan, pemberdayaan pasien akan membantu mendorong industri kesehatan dalam bimbingan pencegahan penyakit, sehingga secara transparan akan hemat biaya dengan penyimpanan yang aman dan infrastruktur penagihan.

Butuh Perjuangan untuk Mentransformasi Budaya ke Digitalisasi

"Berdasarkan survei Bain and Company tahun 2017, dari 172 ribu pelanggan di 20 negara Eropa, 60 persen pelanggan asuransi menyatakan tertarik untuk memiliki asuransi yang menawarkan layanan kesehatan di luar penawaran asuransi standar," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat 9 November 2018.

Adopsi yang cepat dari Internet of Things, mendorong penyedia asuransi kesehatan untuk segera beralih, dari sekadar membayar menjadi lebih berinovasi, adapun operasi bisnis secara digital dan memberi layanan yang semakin berkualitas, mudah diakses dan berkelanjutan.

Paundra Noorbaskoro, Gunakan Teknologi untuk Budidaya Udang Ramah Lingkungan

T-Systems bekerja sama dengan SAP Indonesia untuk memberi solusi kesehatan bagi para pemangku industri kesehatan di Indonesia. Eka Hospital, salah satu rumah sakit ternama Indonesia yang telah mengadopsi solusi SAP Healthcare, logistik dan manajemen keuangan menggunakan T-Systems.

Rumah Sakit Mitra Keluarga saat ini juga telah terhubung dengan SAP Electronic Medical Records and Business Process Management. Solusi ini membuat rumah sakit meningkatkan kemampuannya dalam menerima informasi operasional dan klinis secara real time.

Sehingga proses pengambilan keputusan dapat diandalkan dan pendapatan menjadi lebih optimal. Solusi mereka akan berjalan di platform SAP HANA, termasuk keuangan, pengadaan, inventaris, manajemen pasien, tagihan dan rekam media elektronik.

"Kami berkomitmen untuk membantu industri kesehatan di Indonesia dalam proses transformasi digital. Kami membuka kantor di sini dengan staf lokal. Ekspansi bisnis ini adalah komitmen kami untuk tetap menjadi penyedia dan integrator sistem terpercaya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya