Bagaimana Suara Matahari Terbit di Mars?

Planet Mars.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Aynur_zakirov

VIVA – Planet Mars menarik perhatian ilmuwan dan astronom. Makanya beragam misi eksplorasi dikirimkan ke planet tetangga bumi tersebut.  Hal menarik lainnya yang mengundang rasa penasaran peneliti adalah suara lingkungan Mars saat matahari terbit.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan Antariksa Amerika Serikat mengirimkan robot penjelajah Opportunity ke Planet Merah itu. Opportunity mendarat dan mengeksplorasi daratan Mars sejak 2014. 

Opportunity merekam dinamika di permukaan, termasuk bagaimana matahari terbit di Mars. Nah menariknya ilmuwan Anglia Ruskin University Inggris menggambarkan, bagaimana nuansa dan suara matahari terbit di Planet Mars. 

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Dikutip dari Phys.org, Sabtu 10 November 2018, berbekal foto Opportunity, ilmuwan universitas itu menciptakan soundtrack matahari terbit di Mars. Untuk menciptakan musik latar belakang matahari terbit itu, ilmuwan menggunakan teknik sonifikasi data. 

Ilmuwan menggunakan algoritma untuk memadukan bagaimana soundtrack tersebut bisa bagus. Algoritma ini menyesuaikan dengan rekaman matahari terbit. 

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

"Kami benar-benar senang menyajikan karya ini bagaimana menariknya Planet Mars ini," ujar Director of the Sound and Game Engineering (SAGE), Domenico Vicinanza. 

SAGE merupakan salah satu tim studi dari Anglia Ruskin University.

Vicinanza menuturkan, sonifikasi gambar merupakan teknik yang sangat fleksibel untuk mengeksplorasi sains dan dapat dipakai untuk memelajari karakteristik permukaan planet dan atmosfer. Sonifikasi ini bisa dipakai menganalisis perubahan cuaca atau mendeteksi letusan gunung berapi. (ren)
  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya