VIDEO: NASA Ungkap Fakta Bentuk Asli Bumi

Ilustrasi Planet Bumi.
Sumber :
  • ohmygov.net

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menayangkan rekaman video terbaru yang membuktikan bahwa Bumi itu bulat, bukan datar.

Berapa Lama Lagi Bumi akan Bertahan?

Mengutip situs Mirror, Senin, 12 November 2018, rekaman video ini menggunakan kamera satelit milik NASA, Deep Space Climate Observatory (DSCOVR), yang mengamati Bumi dari jarak sekitar satu juta mil ke arah Matahari.

Artinya, dengan jarak tersebut DSCOVR dapat mengamati keseluruhan Bumi dari Matahari terbit hingga terbenam.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Kamera yang disebut EPIC ini menangkap satu gambar setiap satu jam pada musim panas. Sedangkan, untuk musim dingin akan menghasilkan satu gambar per dua jam.

Menurut Wakil Manajer Proyek Misi NASA, Alexander Marshak, mengingat EPIC memiliki sudut pandang khusus dan pengamatan yang rutin dilakukan maka satelit ini bisa mengamati keadaan siang hari dari banyaknya fenomena.

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

"Misalnya, EPIC bisa mengabadikan letusan gunung berapi atau api unggun sepanjang hari. Kamera ini melengkapi hasil yang diambil satelit lain milik NASA yang juga mengorbit di Bumi," jelas dia.

Akan tetapi, Marshak melanjutkan, satelit lain hanya bisa melihat lokasi tertentu. Dan, di dalam banyak kasus hanya menghasilkan satu atau dua gambar per hari.

Ia menambahkan, rekaman yang diambil oleh EPIC ini dipakai NASA untuk memantau sejumlah hal antara lain memantau ketinggian dan ketebalan awan untuk mengkaji iklim dan analisa cuaca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya