Transformasi Bisnis Indosat, Bukan Sekadar Jualan Semata

Manajemen Indosat Ooredoo.
Sumber :
  • Dokumen Indosat

VIVA – Operator telekomunikasi PT Indosat Ooredoo Tbk melakukan transformasi bisnis perusahaan melalui transformasi digital.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Direktur Indosat Ooredoo Arief Mustain mengatakan, hampir semua perusahaan melakukan perubahan untuk menumbuhkan harapan baru.

At least, Indosat terlibat langsung ke dalam proses transformasi. Kita tidak seperti penjual tapi kita ikut involve di dalamnya,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 14 November 2018.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Menurutnya, dengan cara ini, Indosat harus menyiapkan sejumlah aspek agar bisa menjalankan bisnis. Dimulai dari kapabilitas dan pengalaman.

Tak hanya itu. Ia juga menekankan pada infrastruktur, di mana hal tersebut merupakan tulang punggung dari transformasi digital. "Setelah itu, barulah kita bicara tentang cloud. Selanjutnya digital payment, Internet of Things (IoT), dan big data,” papar Arief.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Ia menambahkan, jika layanan solusi Indosat sudah masuk ke sejumlah sektor di antaranya layanan publik, termasuk di dalamnya pemerintahan, media serta energi, juga akan dijajaki ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, Group Head ICT Product & Solution Indosat Ooredoo, Budiharto mengaku, saat ini Indosat sudah bekerja sama dengan Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat, untuk sistem manajemen bandara.

Adapun untuk pemerintahan, Indosat bekerja untuk solusi Smart City seperti infrastruktur, pusat pengendali dan pengaturan aplikasi untuk telekomunikasi. “Kita fokus langsung jaringan 4G. Sudah mulai sekitar beberapa bulan lalu. Dalam waktu dekat akan langsung terasa.” (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya